5 Game Mobile Fenomenal Yang Dimainkan Hampir Setiap Orang Di Indonesia

sejak Apple Inc pertama kali memperkenalkan Iphone pada tahun 2007, perkembangan dunia smartphone berkembang sangat pesat hanya dalam waktu 10 tahun terakhir, dan hal tersebut juga diiringi dengan berkembangnya industri startup yang menciptakan berbagai macam aplikasi pendukung.

Tak mau ketinggalan, industri game pun mulai melirik dan merambah “pasar smartphone”
banyak developer game yang mulai berlomba-lomba untuk menciptakan game mobile yang bisa dimainkan di sebuah smartphone.

Diantara ribuan bahkan jutaan game yang pernah dibuat untuk smartphone, ada beberapa game yang “gagal” menggaet pasar┬ánamun tidak sedikit pula yang mampu mencapai kesuksesan besar. Game-game sukses tersebut mampu memasuki pasar smartphone dan dimainkan oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,baik pria ataupun wanita

Dan berikut adalah 5 Game Mobile Fenomenal Yang Dimainkan Hampir Setiap Orang Di Indonesia:

1. Angry Birds

Angry Birds awalnya hanya tersedia untuk perangkat iphone dan ipad, namun karena kesuksesannya maka Angry Birds mulai dirilis di berbagai macam perangkat, mulai dari smartphone berbasis android hingga perangkat PC.

Gameplay yang sederhana tapi menyenangkan sepertinya menjadi alasan mengapa game ini bisa sukses. Angry Birds sempat booming di Indonesia sekitar tahun 2010-2012an. Walaupun identik dengan anak-anak, tapi pada kenyataannya game ini pernah dimainkan hampir semua kalangan. Satu hal yang fantastis, Angry Birds pernah mencapai angka 1 milyar unduhan!

2. Clash of Clans.

Game RPG besutan Supercell ini merupakan salah satu game terlaris yang pernah dimainkan oleh player Indonesia. Di masa kejayaannya, Clash of Clans a.k.a COC dimainkan hampir oleh semua kalangan di Indonesia, dari yang muda sampai yang tua.

Yang menarik dari gameplay COC adalah, kita bisa menyiapkan strategi dalam membangun sebuah base. Bagian serunya adalah game ini merupakan game multiplayer, dan kita bisa membuat clan bareng teman. Tidak hanya itu, kita pun bisa war / perang antar clan.

3. LINE Let’s Get Rich.

Game ini diluncurkan pertama kali untuk perangkat PC dengan nama Modo Marble, dengan gameplay yang mirip monopoly. Namun netmarble selaku pengembang game sangat jeli melihat peluang pasar mobile game, game berbasis board game online ini pun dibawah ke ranah mobile gaming dengan menggaet Line messenger sebagai partner, kerjasama yang bisa dibilang sukses karena komunitas pengguna line merupakan salah satu yang terbesar di dunia. game ini pun dirilis dengan nama “LINE LETS GET RICH”.

Untuk menggaet pasar indonesia, LINE LETS GET RICH membuat map Indonesia dan menciptakan karakter asal Indonesia bekerjasama dengan JKT48. Untuk alasan itulah LINE LETS GET RICH pernah merajai pasar game di Indonesia dan dimainkan berbagai macam kalangan di Indonesia.

4. Pokemon GO.

Game yang sejak awal kemunculannya sudah mulai memberikan banyak kontroversi di Indonesia, mulai dari isu keamanan, isu mata-mata bahkan hingga isu berbau SARA.

Pada saat itu, game POKEMON GO merupakan game mobile fenomenal yang paling banyak dimainkan di Indonesia dan diberitakan oleh berbagai macam media di Indonesia.

Dengan membawa gameplay baru berbasis Augmented reality (AR), yang belum pernah ada sebelumnya pada saat itu, menjadi alasan kongkrit mengapa POKEMON GO sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Meskipun saat ini popularitasnya sudah mulai menurun, namun bila melihat beberapa aspek diatas, tidak ada alasan untuk tidak memasukan POKEMON GO ke dalam list ini.

5. Mobile Legends.

Mobile Legends merupakan game yang saat ini sedang booming dan dimainkan berbagai macam kalangan. Tidak hanya gamers, tapi “orang biasa” pun memainkan permainan ini. Mobile Legends adalah sebuah game berbasis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang dibuat untuk perangkat mobile.

Meskipun banyak game-game bergenre MOBA lainnya, namun sepertinya Mobile Legends tidak tergantikan posisinya. Grafik yang tidak terlalu “berat” serta gameplay yang sederhana dan dukungan komunitas yang banyak, menjadi alasan banyak orang lebih memilih mobile legends dibanding game mobile MOBA lainnya.

Leave a Reply