5 April Pendaftaran SBMPTN, Ini Biaya Administrasinya

SBMPTN

Buat calon pendafatar masuk Perguruan Tinggi Negeri, jangan lupa pada 5 April 2018, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri (SBMPTN) 2018 akan dibuka.

Melalui jadwal yang disampaikan oleh Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof Sutarto Hadi, Rabu (4/4/2018), pendaftaran SBMPTN akan dibuka hingga 27 April 2018. Sedangkan ujian tertulisnya akan dilakukan pada 8 Mei 2018.

“Iya, besok (5/4) akan dimulai pendaftaran SBMPTN 2018,” ucap Prof Sutarto.

Pendaftaran SBMPTN 2018 bisa melalui online sebagaimana SNMPTN. Akan tetapi yang membedakan ialah peserta SBMPTN harus membayar administrasi sejumlah Rp 200.000 melalui bank yang telah ditentukan.

Sembari SBMPTN berlangsung, Prof Sutarto menyampaikan pihaknya akan mengadakan rapat penentuan kelulusan SNMPTN. Sehingga sebelum pengumuman kelulusan SNMPTN yakni jalur pendaftaran sebelumnya, SBMPTN sudah di mulai.

Ia pun mengatakan agar calon mahasiswa silakan mendaftar lagi. Akan tetapi bagi mereka yang telah lulus di SNMPTN, maka cukup terima hasilnya.

Karena diterangkan Prof Sutarto, apabila yang lulus SNMPTN nantinya kembali mendaftar dan mengikuti SBMPTN, maka dikbawatirkan akan ada kursi kosong. Ia mengingatkan agar jangan terjadi. Sehingga ada kesempatan pendaftar yang lain untuk kuliah.

Pendaftaran online Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini akan dibuka besok, Kamis, 5 April 2018 yang diselenggarakan melalui dua model ujian tulis yakni berbasis cetak (UTBC) dan berbasis komputer (UTBK).

Berdasarkan penjelasan panitia SBMPTN 2018 dalam laman resminya, bagi peserta model seleksi UTBC, proses pendaftaran dibuka pada 5 April mulai pukul 08:00 WIB hingga 27 April pukul 22:00 WIB. Sementara itu, pendaftaran online UTBK baru bisa dilakukan pada 18 April dan berakhir di periode yang sama, 27 April 2018.

Panduan Pendaftaran SBMPTN 2018 Reguler

Pendaftaran online SBMPTN tahun ini dibagi menjadi dua yakni untuk peserta reguler (non-Bidikmisi) dan peserta Bidikmisi. Tahapan mekanisme pendaftaran secara onlinebagi peserta reguler selengkapnya sebagai berikut:

  1. Calon peserta reguler melakukan pendaftaran online di laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Setelah mengakses laman tersebut siswa kemudian memilih “Menu A”
  3. Pada menu tersebut, siswa untuk mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP), PIN, dan Kode Pembayaran (bank) yang berlaku selama 3×24 jam
  4. Calon peserta kemudian melakukan pembayaran biaya SBMPTN sebesar Rp200 ribu yang dapat dilakukan melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN (pilih salah satu)
  5. Saat melakukan pembayaran biaya seleksi di bank terpilih, siswa menggunakan KAP, PIN, dan Kode Pembayaran yang diperoleh dari tahapan nomor 3
  6. Saat siswa mendatangi bank, petugas akan menerima pembayaran berdasarkan kode pembayaran dan akan menandai (flagging) bahwa biaya seleksi untuk KAP dan PIN sudah dibayar
  7. Setelah proses pembayaran selesai, siswa akan menerima tanda bukti pembayaran
  8. Siswa kemudian melakukan login ke laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.iddan memilih “Menu B”
  9. Saat login di laman tersebut, siswa menggunakan KAP dan PIN yang sudah diperoleh dari tahapan nomor 3
  10. Siswa kemudian bisa menyelesaikan proses pendaftaran online SBMPTN 2018 mulai mengisi biodata hingga mencetak kartu

Pelaksanaan UTBC dan UTBK akan berlangsung pada 8 Mei 2018. Sementara itu, Ujian Keterampilan (UK) bakal diselenggarakan pada 9 dan 11 Mei 2018. Hasil ujian akan diumumkan pada Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Terkait pelaksanaan UTBK, ujian tulis yang berbasis komputer ini hanya dilaksanakan di Panitia Lokal (Panlok) Bandung dan memiliki kuota terbatas. Disarankan siswa yang berminat segera mendaftar pada waktunya sebab akan ditutup bila kuota pendaftar terpenuhi.

“Pendaftaran online UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi,” demikian penjelasan panitia SBMPTN 2018 dalam laman resminya.

Leave a Reply