5 Air Terjun Di Papua Yang Wajib Kamu Singgahi Kalau Kesana

Papua

Papua memiliki sejumlah destinasi wisata yang masih alami dan masih terjaga keasriannya. Ada banyak keindahan alam Papua yang belum terkenal dan diketahui oleh kebanyakan orang. Meskipun demikian, Tuhan tak berhenti menyuguhkan keindahan-keindahan dari sumber daya alam yang ada di Papua untuk bisa dinikmati oleh manusia-Nya.

Bukan hanya laut, bukan hanya pulau, bukan hanya hutan, dan bukan hanya keberagaman penduduknya. Papua memiliki berjuta-juta keindahan yang sudah mulai disadari keberadaannya oleh orang-orang. Salah satunya berupa air terjun. Air terjun yang telah ditemukan terbukti memiliki keindahan dan kecantikan yang luar biasa. berikut ini 5 air terjun cantik yang ada di Papua.

1. Air Terjun Wafsarak

Air Terjun Wafsarak
Air Terjun Wafsarak

Air Terjun Wafsarak adalah sebuah air terjun yang memiliki diameter setinggi 10 meter. Memiliki air berwarna biru kehijauan yang bersih dan jernih. Air yang jatuh dari tebing langsung mengalir di sungai yang ada di bawahnya. Dipadu dengan keindahan alam dan panorama disekitar air terjun yang tenang, tempat ini dapat membuat wisatawan merasa nyaman. Jika anda ingin pergi ke air terjun Wafsarak, anda tidak akan sulit untuk menemukan air terjun ini. Pasalnya air terjun ini berada tidak jauh dari jalan. Perjalanan yang harus ditempuh menuju Air Terjun Wafsarak adalah sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Biak.

Air Terjun Wafsarak memiliki nama lain. Oleh penduduk sekitar, air terjun ini lebih dikenal dengan nama Air Terjun Warsa. Istimewanya, penduduk sekitar sangat peduli dengan kebersihan dan kealamian dari Air Terjun Wafsarak ini, sehingga, ketika anda berkunjung ke air terjun ini anda akan terkagum-kagum dengan keindahan dan kebersihannya. Panorama di sekitaran air terjun sangat menyejukan mata, hijaunya pepohonan dan tebing-tebing berwarna coklat dilengkapi dengan iringan suara aliran air menambah suasana menjadi lebih nyaman dan tenang.

2. Air Terjun Kiti-Kiti

Air Terjun Kiti-Kiti
Air Terjun Kiti-Kiti

Air Terjun Kiti-Kiti adalah salah satu wisata air terjun unik yang terletak di Fak-Fak, Papua Barat. Air Terjun Kiti-kiti menjadi unik karena, aliran air yang jatuh dari tebing tidak mengalir pada sungai melainkan langsung ke laut sehingga anda bisa menikmati dua objek wisata sekaligus yakni air terjun dan juga pantai sekaligus ketika air surut. Air yang mengalir dari air terjun ini berwarna biru jernih, air laut yang ada dibawahnya juga memiliki air jenih berwarna biru langit. Saking jernihnya anda bisa melihat dasar laut yang dipenuhi dengan trumbu karang tanpa harus melakukan diving dan surving.

Selain itu anda bisa bermain-main air dan berenang di perairannya. Air terjun ini juga menawarkan keindahan kawasan berupa hutan heterogen yang akan menemani anda sepanjang perjalanan di atas perahu yang anda tumpangi. Jika anda ingin pergi melihat air terjun ini, anda harus menempuh perjalanan sekitar 4 jam menggunakan speed boat atau pun long boat. Jika Anda ingin mengunjungi air terjun ini usahakan untuk tidak berkunjung pada saat musim angin timur, karena ombak di laut akan cenderung lebih besar dan ganas.

3. Air Terjun Tagor

Air Terjun Tagor
Air Terjun Tagor

Air terjun tagor adalah sebuah destinasi wisata air di papua yang belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang. Air terjun Tagor dipercaya sebagai air terjun yang tertinggi diantara air terjun lain yang terdapat di Papua. Belum pernah ada yang mengukur ketinggiannya, sehingga belum diketahui berapa angka dari ketinggian air terjun Tagor. Air terjun Tagor terletak di Kampung Mambunibuni, akses jalan menuju air terjun Tagor masih tergolong sulit. Hal inilah yang mengakibatkan air terjun Tagor belum banyak yang mengunjungi.

Meskipun demikian, Air Terjun Tagor memiliki keindahan yang memukau. Deburan air yang jatuh dari dinding-dinding tebing akan memberikan sensasi relaks kepada pengunjung. Karena tergolong sebagai tempat wisata yang masih sepi, ketika anda kemari, anda akan merasa seperti pemilik dari air terjun Tagor. Selain itu air terjun Tagor juga menyuguhkan ketenangan bagi anda yang membutuhkannya. Karena itu, destinasi wisata yang satu ini akan sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur dengan tenang.

4. Air Terjun Cyclops

Air Terjun Cyclops
Air Terjun Cyclops

Air Terjun ini diberi nama Cyclops karena letaknya yang berada di daerah perbukitan dan pegunungan Cyclops dimana aliran airnya mengalir sampai ke Jayapura. Air terjun Cyclops memiliki keindahan yang dapat memukau setiap mata yang memandanganya. Air terjun dan perbukitan Cyclops adalah salah satu destinasi wisata yang popular di Jayapura dan Papua. Air yang mengalir pada dinding-dinding tebing dan juga diantara bebatuan menambah keindahan dari air terjun Cyclops.

Dilengkapi dengan hijaunya pepohonan dan asrinya panorama di sekitarnya, air terjun ini memberikan pemandangan yang mempesona. Jernih dan sejuknya air yang mengalir langsung dari mata air yang ada di puncak pegunungan Cyclops menambah keasrian dari destinasi wisata ini. Keindahan-keindahan tersebut yang menjadikan destinasi wisata air berupa air terjun bernama Cyclops ini menjadi tempat favorit bagi penduduk sekitar melepas penat dikala hari libur maupun weekend. Selain itu, air terjun Cyclops juga sudah mejadi salah satu destinasi wisata yang ada di Jayapura bagi wisatawan yang datang dari luar Jayapura maupun luar Papua.

5. Air Terjun Kayuni

Air Terjun Kayuni
Air Terjun Kayuni

Namanya air terjun Kayuni, sebuah keindahan dan destinasi wisata yang terletak di desa Kayuni, Kabupaten Fak-fak, Provinsi Papua Barat. Sebuah air terjun yang menyuguhkan pemandangan yang rupawan. Berada di sela-sela tebing bebatuan, berair jernih dan sejuk dilengkapi dengan panorama hijaunya pepohonan di sekitarnya, menambah keindahan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Air terjun Kayuni adalah salah satu primadona bagi penduduk Fak-fak. Air terjun ini akan ramai pengunjung di kala cuaca mendukung dan juga pada sabtu minggu. Perjalanan menuju air terjun Kayuni kurang lebih memkan waktu selama satu setengah jam dari Ibu Kota Kabupaten Fak-fak. Waktu tempuhnya juga ditentukan oleh laju tumpangan yang anda tumpangi, jadi jika ingin segera sampai gunakan kendaraan pribadi dan melaju-lah dengan kencang.

Leave a Reply