4 Miliar USD Keuntungan Activision Blizzard Didapat Dari Microtransaction

microtransaction

Ada sangat banyak gamer yang mengecam microtransaction pada tahun 2017 lalu bukan berarti bahwa transaksi seperti itu tidak diminati. Hal ini dibuktikan oleh Activision Blizzard melalui laporan pendapatan perusahaan selama satu tahun terakhir. Berdasarkan data dari laporan tersebut, perusahaan telah mendapatkan total keuntungan sebesar 7.16 Miliar USD dan sebanyak 4 Miliar USD merupakan keuntungan yang dihasilkan dari microtransaction.

Angka tersebut pastinya akan memberikan keyakinan kepada perusahaan untuk terus menghadirkan microtransaction. Electronic Arts, yang pada tahun lalu seperti paling banyak dihujat karena Star Wars: Battlefront 2 pun setuju dengan hal tersebut. Mereka pernah mengatakan bahwa microtransaction merupakan hal bagus, asalkan dilakukan dengan benar.

Angka 4 Miliar yang didapatkan oleh Activision itu bukan hanya datang dari game konsol dan PC saja. Daniel Ahmad yang mana merupakan seorang analisis, dalam akun twitternya menuliskan bahwa sebanyak 2 Miliar USD didapatkan dari anak perusahaan Activision, King, yang mengurusi game mobile seperti Candy Crush. Barulah sisanya merupakan hasil transaksi game konsol dan juga PC.

Microtransaction yang diaplikasikan Activision Blizzard dalam game PC dan konsol bisa dibilang bervariatif. Call of Duty: WWIImisalnya. Microtransaction ditawarkan dalam bentuk Call of Duty Points yang nantinya akan bisa digunakan untuk membuka loot box dan mendapatkan berbagai item tambahan. Lalu jika melirik ke Overwatch, microtransaction ditawarkan dalam bentuk loot box yang bersisikan skin dan juga spray.

Nampaknya microtransaction masih akan menjadi sebuah topik yang sangat panas untuk beberapa waktu ke depan. Pasalnya beberapa negara mulai memikirkan untuk memblokir model bisnis seperti itu karena dianggap menyalahi aturan mengenai perjudian.

Jerman menjadi salah satu negara yang sudah memikirkan hal tersebut, dan pada bulan Maret nanti adalah batas akhir sebelum diumumkan keputusan tentang pengaturan microtransaction. Ini tentu saja akan merubah banyak hal dalam industri video game.

Leave a Reply