3 Warga Meninggal Dunia Dalam Gempa 6,4 SR Yang Mengguncang Situbondo

Gempa

Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Situbondo, Jawa Timur. Guncangan gempa terjadi sekitar pukul 01:44:57 WIB pada Kamis (11/10/2018) dini hari. Pusat gempa berada di 61 kilometer timur laut, Situbondo.

Dari keterangan resmi BMKG, gempa di kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami. Namun, goyangan gempa dirasakan di beberapa wilayah di Jawa Timur, antara lain Banyuwangi, Bondowoso, Jember, hingga Malang.

Bahkan gempa juga dirasakan hingga ke Denpasar, Bali.

“Saya kaget dan semua bangun keluar rumah. Ini sekarang enggak ada yang masuk rumah lagi. Takut kalau ada gempa susulan,” kata Reni Hayu Pratiwi (41), salah satu warga perumahan Klatak saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/10/2018).

Dia sendiri mengaku goyangan yang dirasakan cukup kencang bahkan hingga kaca rumahnya bergetar keras.

“Masih terasa pusing,” jelasnya.

Akibat guncangan gempa, dikabarkan tiga warga meninggal dunia. Gempa tersebut sangat terasa hingga wilayah Madura, yakni Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep Rahman mengatakan, ada tiga korban meninggal dunia akibat bencana tersebut.

Dua korban di antaranya bernama Nur Kamilia (7) dan Nadhar (55). Keduanya asal Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep.

“Yang jelas saat ini masih dua korban. Yang satu masih identifikasi,” kata Rahman kepada Kompas.com.

Berdasarkan keterangan pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana( BNPB), pada saat gempa, korban tidur dan tak sempat menyelamatkan diri sehingga tertimpa bangunan yang roboh. Selain ketiga korban jiwa tersebut, banyak bangunan milik warga mengalami kerusakan.

Kerusakan rumah banyak terjadi di Kecamatan Gayam Pulau Sapudi, Kecamatan Bluto, Kecamatan Kalianget, dan Kecamatan Batang-Batang.

“Kami masih melakukan pendataan terkait kerusakan gedung dan rumah. Yang kami terima, ada yang rusak berat, ringan dan sedang. Perkembangan selanjutnya akan terus kami update,” kata Rahman.

Leave a Reply