3 Tim Sepakbola Dengan Fans Terbanyak Di Dunia

Dalam dunia Sepakbola, sudah pasti ada yang namanya suporter/fans. Adapun suporter ini akan selalu hadir di tribun penonton untuk membela serta menyoraki semangat bagi tim idolanya. Sampai fanatik serta cintanya, di dunia ini ada 3 suporter tim sepakbola dengan jumlah suporter yang sangat banyak, bahkan mencapai ratusan juta.

Apa saja kah? Berikut Berita123 sajikan 3 Tim Sepakbola Dengan Fans Terbanyak Di Dunia.

3. Manchester United (38 Juta)

Klub yang memiliki julukan “The Red Devil” ini adalah salah satu klub paling besar yang ada di tanah Inggris. Dari mulai era Erik Cantona, David Beckham dan hingga sekarang para fans berat serta Suporter Manchester United ini kian hari terus bertambah.

Meski sekarang ini Manchester United sering puasa gelar sehabis ditinggal kursi kepelatihan oleh mantan Manager Sir Alex Ferguson, tetapi tidak menjadikan suporter Manchester United yang sering disebut dengan panggilan “The Red Army” langsung putus asa.

Mereka tetap saja setia dan selalu mendampingi Klub kesayangannya dimanapun MU bertanding. Suporter Manchester United ini bahkan mempunyai lagu kebangsaan Manchester United sendiri yang sangat terkenal, yang diberi judul “Glory-Glory Manchester United”.

2. Real Madrid (120 Juta)

Dengan jumlah total 120 juta suporter, Real Madrid adalah rival paling dahsyat untuk Barcelona. Klub dari Spanyol ini juga mempunyai tingkat kekayaan paling tinggi untuk sejagat sepakbola. Serta untuk Suporter klub ini jelas tidak bisa diragukan lagi jumlahnya. Bahkan, dari semua deretan kalangan artis dunia juga sangat banyak yang menjadi pendukung Klub Real Madrid yang terletak di kota Madrid, Spanyol ini. Suporter Real Madrid biasa juga disebut dengan “Madridista”.

Memiliki slogan “Hala Madrid”, para suporter Real Madrid adalah salah satu suporter yang membuat iri suporter lain dikarenakan jumlahnya yang sangat banyak serta selalu hadir mendukung kemana pun Real Madrid bertanding saat laga tandang.

1. Barcelona (121 Juta)

FC Barcelona merupakan salah satu klub besar sepakbola yang berasal dari Negara Spanyol yang notabene adalah klub dengan segudang prestasi serta pemain bintang. Suporter klub Barcelona menyebut dirinya dengan dengan “Cules” atau juga “Barcelonista”. Klub Barcelona sendiri terletak di kota Catalan, Spanyol. Dan Barcelona ini memang mempunyai pendukung Fanatik baik dari segi usia maupun gender.

Adapun awal mula terbentuknya suporter Barcelona ini berawal saat para pendukung Barcelona dulunya mendukung tim kesayangannya tersebut berlaga di Stadion yang kecil, sampai-sampai tidak cukup memadai dengan jumlah kapasitas penonton.

Waktu itu tembok Stadion yang tidak terlalu tinggi membuat para suporter harus berdesakan hingga duduk di atas tembok sehingga terlihat punggung supporter dari arah belakang. Karena hal tersebut nama cules berasal. Cules sendiri berasal dari kata “cul” dalam bahasa Catalonia yang memiliki arti “punggung”. Sebutan tersebut sampai saat ini sudah menjadi nama identitas suporter klub Barcelona yang ada di seluruh dunia.

Leave a Reply