3 Stadion Bola Termegah Dan Terbesar Di Dunia

Stadion sepertinya merupakan satu diantara bangunan wajib yang harus ada pada sebuah negara. Lebih lagi kalau negara itu aktif pada berbagai ajang olahraga, khususnya sepakbola. Andai suatu saat bertanding secara internasional, tentu saja negara sudah mempunyai stadion yang dapat diandalkan serta dibanggakan.

Diantara berbagai stadion yang ada di dunia, semua memiliki keunikan tersendiri. Dan kali ini Berita123 akan khusus membahas tentang stadion termegah dan terbesar di dunia.

3. Camp Nou (Spanyol), 99.354 Penonton.

Pada urutan ke-3, inilah stadion terbesar di Spanyol sekaligus merupakan stadion yang menjadi rumah untuk klub raksasa Spanyol, yaitu Barcelona. Pada lapangan inilah sudah banyak pemain bintang dunia. Sebut saja Johan Cruyff, Luis Figo, serta Lionel Messi yang beraksi dalam menggiring bola. Stadion Camp Nou dibuat secara khusus pada bawah permukaan tanah.

Stadion yang menjadi kebanggaan Spanyol tersebut  mampu menampung sampai 99.354 penonton. Camp Nou sendiri resmi dibuka pada tahun 1957, dan kemudian diperbesar pada tahun 1982. Di tahun 2008, Camp Nou mengalami perbaikan dalam menjaga kualitas dari stadion.

2. Salt Lake Stadium (India), 120.000 Penonton.

Dibangun di tahun 1984, stadion terbesar ke-2 di dunia ini juga dikenal sebagai Yuva Bharati Krirangan. Inilah stadion sepakbola yang menjadi rumah untuk klub sepakbola East Bengala serta Mohun Bagan. Terkadang stadion juga menjadi tuan rumah untuk menggelar pertandingan yang melibatkan timnas India.

Stadion tersebut juga pernah menjadi tempat dilangsungkannya pertandingan persahabatan bersejarah dari Argentina kntra Venezuela. Tempat tersebut juga yang menjadi stadion tempat terakhir Oliver Khan bermain, penjaga gawang legendaris dari Jerman. Dengan kapasitas 120.000 penonton, Salt Lake Stadium tidak cuma menjadi lapangan sepakbola saja, melainkan berbagai macam perlombaan ateltik juga dilakukan disini.

1. Rungrado 1st of May Stadium (Korea Utara), 150.000 Penonton.

Kalau kalian menganggap stadion diatas sudah luar biasa besar, masih ada 1 lagi stadion yang mempunyai kapasitas penonton yang luar biasa banyaknya, yakni Rungrado 1st of May Stadium. Stadion Rungrado tersebut adalah stadion terbesar di Korea Utara sekaligus menjadi yang terbesar di dunia dengan kapasitas penonton hingga 150.000.

Tidak hanya menjadi stadion tempat menyelenggarakan pertandingan sepakbola, stadion besar tersebut juga kerap menjadi tempat diselenggarakannya berbagai perlombaan atletik. Stadion Rungrado usai dibangun pada 1 Mei 1989. Tidak jarang di stadion ini juga dijadikan stadion tempat diadakannya Arirang Festival, dimana di dalamnya ada gymnastic serta festival artis.

Leave a Reply