3 Rider Dengan Juara Terbanyak Di MotoGP Qatar

stoner rossi lorenzo

Dari pertama kali menjadi salah satu arena, telah 13 musim yang dilewati oleh Sirkuit Losail pada MotoGP. Momen tersebut ditandai dengan MotoGP 2004 ketika Jorge Lorenzo menjadi pembalap pertama yang menjadi juara pertama di sana.

Dari 2007, Sirkuit Losail sendiri tidak jarang mendapatkan kehormatan dalam menjadi venue seri pembuka dalam MotoGP pada setiap musim.

Sejak 2008, tercipta sejarah di Losail ketika digelar balapan malam hari untuk kali pertama dalam sejarah MotoGP.

Kendati sudah melewati 13 musim, hanya lima pembalap yang pernah merebut podium juara MotoGP Qatar. Dan berikut seperti yang Berita123 rangkum, para pembalap MotoGP yang mengukir kemenangan terbanyak di sirkuit sepanjang 5,380 km tersebut:

Valentino Rossi

Memiliki status menjadi pembalap paling senior sekarang ini, Rossi juga telah menjadi rider yang paling sering balapan pada MotoGP Qatar. Tidak pernah sekali pun pembalap berumur 38 tahun tersebut melewatkan momen balapan di Qatar.

Sayangnya, debutnya pada MotoGP Qatar ditandai dengan hasil buruk. Saat itu dia tidak berhasil menuntaskan balapan dikarenakan kecelakaan. Padahal, waktu itu Rossi baru saja hijrah dari Honda menuju Yamaha serta sedang bersaing ketat dengan Sete Gibernau.

Untung saja, kesialan tersebut tidak terulang pada MotoGP Qatar pada tahun 2005 ketika Rossi tampil sebagai juara. Saat itu, ia unggul 1,670 detik atas Marco Melandri. Sehabis musim 2005, ia kembali merebut podium juara pada MotoGP Qatar 2006, 2010, dan 2015.

Casey Stoner

Satu-satunya pembalap yang bisa menyamai koleksi kemenangan Rossi di MotoGP Qatar adalah Stoner. Meski baru mulai melakoni balapan di Qatar sejak 2006, pembalap asal Australia itu juga telah menorehken empat kemenangan.

Kemenangan perdananya di Qatar diraih pada musim 2007. Hebatnya, pembalap yang dikalahkan Stoner saat itu adalah Rossi dengan selisih 2,838 detik. Lalu, ia juga sanggup merangkai kemenangan di musim 2008, 2009, dan 2011.

Stoner sendiri juga sempat mengalami kesialan di Sirkuit Losail, tepatnya di musim 2010. Start dari urutan pertama, Stoner hanya bisa balapan hingga lap kelima. Saat itu dia terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan.

Jorge Lorenzo

Lorenzo merupakan pembalap yang paling memiliki peluang unntuk menyamakan rekor kemenangan Rossi serta Stoner di MotoGP Qatar. Rider dari Spanyol tersebut telah mengoleksi tiga kemenangan sejak pertama kali naik kelas ke MotoGP pada 2008.

Ketika baru turun untuk kali pertama di MotoGP Qatar 2008, X-Fuera langsung menciptakan kejutan dengan lolos sebagai runner-up. Prestasi serupa juga direngkuh Lorenzo saat musim 2009.

Leave a Reply