3 Pohon Tertua Di Dunia Yang Masih Ada Hingga Kini

Pohon Tertua

Sangat menakjubkan melihat berbagai pohon tua yang berumur ribuan tahun, apalagi jika pohon-pohon itu termasuk pohon tertua dunia yang telah menyaksikan naik turunnya peradaban manusia. Berikut ini adalah 3 Pohon Tertua Di Dunia Yang Masih Ada Hingga Kini.

3. Sarv-e Abarkuh – Arbakuh, Yazd, Iran

Sarv-e Abarkuh - Arbakuh, Yazd, Iran
Sarv-e Abarkuh – Arbakuh, Yazd, Iran

Zoroastrian Sarv adalah salah satu pohon tertua dunia dengan umur perkiraan adalah 4000 tahun. Masih dalam bentuk perkiraan, umur dari pohon Sav-e Abarkuh di Iran ini diperkirakan setidaknya berumur sekitar 4.000 tahun dan juga telah menyaksikan perubahan peradaban manusia dari zaman ke zaman. Pohon yang dikenal sebagai “Zoroastrian Sarv” ini adalah monumen nasional Iran dan adalah pohon paling tua yang ada di Asia.

2. Methuselah – Inyo County, California, US

Methuselah - Inyo County, California, US
Methuselah – Inyo County, California, US

Pohon Methuselah adalah pohon tertua kedua di dunia dengan umur 4846 tahun Sebelumnya pohon inilah yang secara resmi bergelar pohon tertua di dunia. Terletak di hutan nasional Inyo, keberadaan pohon Methuselah ini tidak diberitahukan secara terbuka ke publik sebagai alasan kelestarian dan keamanan.

Sekarang ini Methuselah berumur 4.846 tahun dan merupakan pohon tertua kedua di dunia. Uniknya, nama Methuselah sendiri didapatkan dari figur Alkitab, yakni Methuselah, anak dari Henokh dan Kakek dari Nuh, yang disebut-sebut sebagai manusia tertua yang pernah ada di bumi dengan umur 969 tahun.

1. Pohon Pinus Tidak Bernama – White Mountains, California, US

Pohon Pinus Tidak Bernama - White Mountains, California, US
Pohon Pinus Tidak Bernama – White Mountains, California, US

Pohon pinus anonim ini adalah secara resmi pohon tertua dunia dengan umur 5064 tahun Sebenarnya telah ditemukan sejak akhir tahun 1950-an, namun sayangnya si penemu tidak mendapatkan kesempatan untuk mengetahui berapa tepatnya umur pohon tersebut sebelum ia meninggal.

Kemudian di tahun 2012, Tom Harlan dari Laboratory of Tree-Ring Research berhasil meverifikasikan umur pohon tersebut dan hasilnya sangat mengejutkan. Ia secara resmi berhasil menemukan pohon tertua yang ada di dunia, yaitu berumur 5.062 tahun (saat itu). Dengan berumur 5.064 tahun (Sekarang ini) maka itu berarti ia telah menyaksikan naik turunnya peradaban manusia selama 50 generasi.

Leave a Reply