3 Pohon Beracun Paling Mematikan Di Dunia, Nomor 2 Dari Indonesia

Pohon menjadi unsur terpenting dalam ekosistem di Bumi. Pohon-pohon yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari biasanya menjadi konsep populer dalam cerita rakyat, mitologi, dan cerita religius yang terjadi di seluruh dunia, apalagi kalau pohon itu adalah pohon tua.

Namun di dunia biologi, ada banyak jenis pohon beracun paling mematikan yang tak diketahui banyak orang. Tumbuhan jenis ini menyebabkan kerugian besar bagi manusia yang menyentuhnya.

Terlebih flora tersebut bisa menimbulkan penyakit, luka parah, hingga kematian. Berikut jenis-jenis pohon yang harus dihindari dalam kehidupan manusia, dikutip dari Top Tenz, Selasa (20/3/2018).

3. Pohon Strychnine

Pohon Strychnine
Pohon Strychnine

Pohon Strychnine adalah tumbuhan yang memiliki biji mematikan dengan kandungan racun seperti namanya, yaitu Strychnine.

Bukti mengerikan racun ini ditunjukkan dalam kisah Ratu Cleopatra yang meminta bawahannya untuk melakukan bunuh diri dengan memakan biji pohon Strychnine. Dia ingin mengetahui apakah memakan biji ini menjadi cara terbaik untuk bunuh diri.

Setelah melihat bawahannya kejang-kejang, Cleopatra mengurungkan niatnya. Alasannya karena memang gejala dari racun ini sangat mengerikan dan menyakitkan, dimulai dari gemetar, kejang-kejang kuat, mulut berbusa, kehilangan kesadaran, hingga akhirnya meninggal.

Selain itu, efek samping lain yang ditimbulkan seperti sakit mata, pusing, kram otot, kelumpuhan dan lidah yang mati rasa. Meskipun terkenal beracun, tanaman ini ternyata berguna untuk keperluan medis dalam mengobati kanker.

2. Gympie-Gympie

Gympie-Gympie
Gympie-Gympie

Gympie-Gympie adalah tanaman yang tumbuh setinggi 1 hingga 2 meter dan umumnya ditemukan di daerah hutan hujan timur laut Australia dan Maluku Indonesia. Ini adalah salah satu tanaman paling beracun di dunia.

Bahkan, sengatan Gympie-Gympie (Dendrocnide moroides) dikenal dapat membunuh anjing, kuda dan manusia. Jika Anda cukup beruntung untuk bertahan hidup, Anda hanya merasa sakit luar biasa yang berlangsung beberapa bulan dan terulang kembali selama bertahun-tahun.

Ajaibnya, spesimen kering tanaman ini dapat menimbulkan rasa sakit, meskipun seratus tahun setelah dipetik. Kecuali akarnya, setiap bagian dari Gympie-Gympie bisa mematikan.

Jika Anda menyentuh tanaman ini, rambut-rambut halusnya akan menembus tubuh Anda dan melepaskan racun yang disebut moroidin. Terkadang, hanya berdiri di hadapannya saja, rambut-rambut tersebut menyebar secara otomatis di udara.

Apabila masuk ke hidung, dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam, bersin dan mimisan yang mengerikan.

1. English Yew

English Yew
English Yew

English Yew atau Cemara Inggris atau taxus baccata, adalah salah satu pohon mematikan di muka Bumi. Pohon yang hijau rimbun ini umum ditemukan di Eropa. Oleh para ilmuwan cemara ini dianggap sebagai pohon aneh, karena seluruh bagiannya sangat beracun, kecuali kulit buahnya.

Karena racunnya memabukkan dan menyebabkan kelumpuhan, pernah digunakan untuk proses aborsi yang umumnya berakhir dengan kematian. Racun utamanya adalah taxine atau taxane dengan rumus molekul C20H36.

Taxine merupakan suatu alkaloid pemicu terjadinya serangan jantung. Racun tumbuhan ini beraksi dengan cepat dan sampai saat ini belum ditemukan penawarnya.

Pada manusia, dosis mematikan dilaporkan antara 50 dan 100 gram. Kayu tumbuhan ini juga beracun. Beberapa pembuat busur di Inggris meninggal karena terkontaminasi racun dari kayu Cemara Inggris.

Leave a Reply