3 Pelatih Termuda Di Dunia Sepakbola

Eddie Howe dianggap sebagai pelatih sepakbola berbakat yang ada di Inggris. Dirinya sudah membawa Bournemouth ke pentas Premier League, pada usia 39 tahun. Batas usia bawah seorang pelatih klub sepak bola memang makin hari makin muda.

Ada beberapa pelatih tim senior yang seharusnya masih aktif bermain, tetapi mereka memilih sebagai pelatih seperti yang Berita123 rangkum ini:

3. Julian Nagelsmann – Hoffenheim (29 Tahun)

Disaat Nagelsmann resmi mengambil alih tim senior saat Februari 2016, Hoffenheim menempati peringkat ke-17 klasemen Bundesliga. Di tangannya, Hoffenheim mampu menghindari degradasi dengan tujuh kemenangan pada 14 laga tersisa.

Performa yang membaik tersebut berlanjut sampai musim ini. Sampai dengan pekan ke-18, tim asuhan Nagelsmann berada di posisi keempat klasemen Bundesliga.

2. Niall McGuinness – Rhyl FC (25 Tahun)

Kebanyakan catatan selama ini, batas bawah umur untuk posisi manajer dalam sebuah klub ialah 30 tahun. Tetapi, pemuda berumur 25 tahun ini telah menjadi manajer untuk tim divisi teratas setahun yang lalu. Niall Guinness pensiun dini sebagai pemain, yakni saat berusia 22 tahun.

Niall bahkan tidak pernah mencoba menawarkan diri sebagai manajer, dirinya bertugas sebagai pelatih akademi. Ia hanya duduk di bangku cadangan tim senior dengan tujuan untuk merasakan atmosfer sekuat senior.

Saat manajer sebelumnya dipecat, Niall ditawari untuk menjadi manajer tim. Dirinya pun lantas menerimanya yang kemudian sampai sekarang masih menjadi manajer untuk Rhyl FC di divisi teratas liga Wales.

Yang unik juga dari manajer satu ini, Laurie, ayahnya sendiri, sekarang bertindak sebagai asisten manajer.

1. James Phillips – Romsey Town (25 Tahun)

Sementara Niall McGuinness pensiun saat masih menjadi pemain pada usia 22 tahun, James Phillips telah melatih klub yang berlaga pada FA Cup di usia yang sama. Dirinya sekarang masih menjadi pelatih Romsey Town, sehabis diangkat pada tahun 2014.

Jadi, usia James sekarang masih 25 tahun, tetapi telah menangani tim senior dari tiga tahun yang lalu. Dirinya pun mengaku bahwa ia belajar banyak dari game Football Manager.

Leave a Reply