3 Patung Terbesar Sekaligus Tertinggi Yang Ada Di Dunia

Keajaiban Patung tak hanya mampu memancing perasaan orang yang melihatnya, namun patung juga bisa sebagai lambang (simbol), monumen peringatan ataupun menceritakan tentang peristiwa dalam sejarah yang pernah terjadi.

Kali ini Berita123 akan merangkum berita tentang 3 Patung Terbesar Sekaligus Tertinggi Di Dunia. Dijamin, kamu pasti akan berdecak kagum melihat pemandangan fenomenal dari patung-patung raksasa yang luar biasa ini.

3. Great Sphinx of Giza (Sphinx), Mesir

Tak kalah terkenalnya dengan patung terbesar yang ada di berbagai negara. Great Sphinx of Giza atau yang dikenal juga dengan nama Sphinx merupakan salah satu peninggalan peradaban paling penting bagi Mesir. Dikatakan dalam legenda, sosok Sphinx sendiri adalah makhluk mitologi yang mempunyai tubuh singa dengan kepala manusia sebagai salah satu penjaga makam kerajaan di jaman Kuno.

Patung raksasa ini berada di dataran tinggi Giza, tepatnya diwilayah pinggiran kota Kairo yang kebetulan masih bagian dari kompleks piramida kuno Giza. Memiliki ukuran panjang 73,5 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 20 meter. Konon, patung ini sudah berusia sangat tua yaitu sudah dibangun lebih dari 4.600 tahun yang lampau.

2. Dai Kannon di Sendai dan Ashibetsu, Jepang

Tak hanya Cina saja yang mempunyai patung suci Dewi Kwan Im. Di negeri Sakura Jepang, Dewi Kwan Im dijuluki dengan nama Dai Kannon. Panjang patung ini sendiri mencapai 100 meter dan kita bisa memasuki ‘tubuh’ patung tersebut dengan menggunakan eskalator untuk mencapai bagian atas kepalanya. Didirikan sejak tahun tahun 1991 di Kota Sendai, dengan penggambaran manifestasi Dewi Buddhist Bodhisattva Kannon.

Masih ada satu lagi patung Dai Kannon di Jepang. Kali ini tidak berada di Sendai, melainkan di Ashibetsu. Patung dewi pelindung ini menjulang tinggi di tengah bukit dan taman cantik.
Sayangnya, tempat ini jarang didatangi turis. Patung berwarna putih ini memiliki tinggi 88 meter dan bisa didatangi gratis karena tidak ada yang menjaga dan tidak dikenakan tarif masuk sama sekalipun. Bagaimanapun, ada taman sakura di sekelilingnya yang membuat patung ini terlihat lebih cantik di bulan-bulan tertentu, khusunya saat musim bunga Sakura bermekaran ataupun berguguran.

1. Spring Temple Buddha, Henan, Cina

Dengan tinggi patung 128 meter beserta lotus dan semua sanggaan tempat berdirinya menjadi total 153 meter, Spring Temple Buddha mencetak rekor sebagai salah satu patung terbesar dunia. Sebagai penggambaran tokoh spiritual umat Buddha, patung ini setiap harinya selalu mendapat kunjungan dari wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin melihat betapa menakjubkannya patung tersebut.

Leave a Reply