3 Olahan Berbahan Jengkol Yang Mampu Menggugah Selera

Jengkol

Jengkol, sedari dulu hingga sekarang kudapan ini jadi salah satu hidangan primadona, bagi sebagian pecinta kuliner. Walau aromanya kurang sedap dan tidak semua orang menyukainya, tapi rasanya pasti membuat ketagihan.

Biasanya, jengkol diolah menjadi semur atau rendang karena cara membuatnya relatif mudah. Serta, bumbunya pun mudah didapatkan. Selain itu, ada juga masakan jengkol lainnya yang tak kalah nikmat. Cocok juga lho, disantap saat akhir pekan. Penasaran?

Balado Jengkol

Balado Jengkol
Balado Jengkol

Bagi Sahabat Sporto pecinta jengkol, dan makanan pedas. Jengkol Balado bisa menjadi andalannya. Bumbu untuk membuat Jengkol Balado ini pasti sudah familiar, tentu bahan dasarnya yaitu cabai.

Perpaduan pedasnya cabai dengan jengkol yang begitu menggiurkan, sangat pas untuk disantap. Apalagi dengan hidangan lainnya, seperti ikan asin, sambal, nasi putih hingga aneka lalapan.

Sambal Jengkol Hot Jeletot

Sambal Jengkol Hot Jeletot
Sambal Jengkol Hot Jeletot

Mendengar nama sambal jengkol sepertinya memang belum familiar. Selain Balado Jengkol, Sambal Jengkol Hot Jeletot ini juga tak kalah pedasnya. Menariknya lagi, sambal tersebut diberi tambahan ikan teri. Coba Sahabat Sporto bayangkan, gurihnya jengkol, pedasnya sambal dan asinnya ikan teri bersatu padu menggoyang lidah saat menyantapnya. Tapi jangan lupa, untuk merebus jengkolnya terlebih dahulu. Selain itu, tambahan air asam jawa dan lengkuas bikin sambal ini semakin berselera.

Jengkol Sambal Ijo

Jengkol Sambal Ijo
Jengkol Sambal Ijo

Kemudian, sajian lainnya adalah jengkol sambal ijo. Jika menyantap olahan jengkol satu ini, akan membuat lupa diri. Rahasianya, yaitu terletak pada cabai hijau, tomat hijau, daun jeruk. Jengkol yang telah direbus dijamin membuat rasa semakin berwarna.

Selain warna hijaunya yang cantik, juga rasanya pun segar dan menarik. Bahan-bahan untuk membuatnya pun hampir serupa dengan mebuat sambal cibiuk. Diberi potongan jengkol, tentunya akan lebih mantap bukan?

Leave a Reply