3 Negara Penghasil Kurma Terbesar Di Dunia

Buah Kurma adalah buah yang berasal dari pohon Kurma (Phoenix dactylifera) yang telah banyak dibudidayakan di berbagai negara yang beriklim tropis dan subtropis. Dalam penanamannya, Pohon Kurma yang juga merupakan keluarga dari pohon palem ini membutuhkan kondisi arid (gersang) dan semi-kering di wilayah yang musim panasnya panjang dengan curah hujan yang seminimal mungkin serta tingkat kelembabannya relatif rendah selama periode pematangan.

Berdasarkan kebutuhan iklim and kondisi lingkungan, kawasan geografis yang paling cocok untuk membudidayakan pohon kurma ini adalah kawasan di Timur Tengah dan Afrika Utara sehingga kawasan tersebut dikenal sebagai kawasan pengekspor buah kurma untuk seluruh dunia. Buah Kurma yang berbentuk lonjong silinder dengan panjang sekitar 3-7cm dan diameter 2-3cm ini merupakan makanan tradisional umat Islam untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan.

Inilah dia, 3 Negara Penghasil Kurma Terbesar Di Dunia.

3. Arab Saudi

Jumlah Produksi Buah Kurma : 836.983 ton
Lokasi : Benua Asia (Kawasan Timur Tengah)

Posisi ketiga sebagai negara penghasil buah kurma terbesar di dunia adalah Arab Saudi dengan jumlah produksinya adalah sebesar 836.983 ton. Sebagian besar buah kurma Arab Saudi ini diekspor ke Yordania, Yaman dan Kuwait.

2. Iran

Jumlah Produksi Buah Kurma : 947.809 ton
Lokasi : Benua Asia (Kawasan Timur Tengah)

Negara yang menduduki urutan kedua sebagai negara penghasil buah kurma terbesar di dunia adalah Iran dengan jumlah produksinya sebanyak 947.807 ton. Negara yang merupakan tujuan ekspor buah kurma Iran adalah India, Malaysia dan Rusia.

1. Mesir

Jumlah Produksi Buah Kurma : 1.084.529 ton
Lokasi : Benua Afrika (Kawasan Timur Tengah)

Negara penghasil buah kurma segar terbesar di dunia adalah Mesir yang terletak di kawasan Timur Tengah dengan jumlah produksinya sebesar 1.084.529 ton atau sekitar 17% dari total produksi buah kurma di seluruh dunia. Negara-negara yang pengimpor buah kurma terbesar dari Mesir diantaranya adalah Moroko, Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply