3 Mesin Terbesar Di Dunia Yang Diciptakan Oleh Manusia

Mesin Terbesar Di Dunia

Kemajuan teknologi yang semakin pesat ternyata tidak membuat orang berpikir untuk menciptakan sesuatu yang lebih kecil dan ringan, tapi mereka memiliki ide lain yang lebih cemerlang yakni membuat sesuatu yang sangat besar.

Penasaran seperti apa wujud mesin paling besar dan aneh di dunia? BerikutĀ 3 Mesin Terbesar Di Dunia Yang Diciptakan Oleh Manusia.

3. Hadron Collider

Hadron Collider
Hadron Collider

Ini merupakan salah satu mesin paling besar di dunia, anehnya mesin sebesar ini digunakan untuk mempelajari komposisi terkecil yang kita kenal sebagai struktur atom. Pertama kali diciptakan pada tahun 1930, mesin ini digunakan untuk menyelidiki partikel fisika. Hadron Collider yang terletak dekat Jenewa, Swiss ini memiliki keliling lingkaran sekitar 17 mil dan dikubur 574 meter di bawah tanah.

Rencananya, para ilmuan akan membuat mesin semacam ini lagi di bawah tanah dan besarnya tiga kali dari Hadron Collider.

2. Bertha

Bertha
Bertha

Bertha adalah sebuah nama yang diberikan untuk bor terowongan terbesar di dunia. Mesin ini memiliki panjang 300 kaki (91 meter), berat sekitar 7.000 ton dan diamter sekitar 17,5 meter. Namun, pada tanggal 6 Desember 2013 lalu, mesin ini dhentikan. Meskipun sudah dihentikan, tapi mesin ini tetap termasuk salah satu mesin terbesar di dunia.

1. Bagger 293

Bagger 293
Bagger 293

Bagger 293 merupakan mesin penggali terbesar di dunia yang pernah diciptakan. Mulai dibangun di Jerman pada tahun 1995, mesin ini memiliki tinggi 315 kaki (96 meter), panjang 740 kaki (225 meter) dan berat 31 juta pound. Mesin ini menggunakan lima operator untuk mendorong secara bersamaan, dan dapat memindahkan 8,5 juta kubik tanah per hari.

Leave a Reply