3 Masjid Terbesar Sekaligus Termegah Yang Ada Di Dunia

Masjid adalah sebuah tempat peribadatan umat muslim yang tentunya sangat diagungkan seperti tempat peribadatan umat agama lain. Sebagai tempat dan bangunan yang suci, masjid tentunya memiliki cerita sejarah dan nilai keindahannya masing-masing.

Berbicara tentang keindahannya 3 mesjid berikut disebut sebagai mesjid terbesar dan terindah di dunia. Setelah sebelumnya Berita123 menyajikan 3 Gereja Terbesar Sekaligus Termegah Yang Ada Di Dunia, maka berikut adalah 3 Masjid Terbesar Sekaligus Termegah Yang Ada Di Dunia.

3. Masjid Agung Jamia, Lahore, Pakistan

Masjid Agung Jamia
Masjid Agung Jamia

Masjid Agung Jamia Lahore adalah sebuah masjid yang terletak di Kota Bahria, Lahore, Pakistan. Dirancang oleh Nayyar Ali Dada, diresmikan pada hari raya Idul Adha, 6 november 2014. Masjid ini dapat menampung 25.000 jamaah untuk bagian dalam gedung, sementara halaman dan lorong yang mengarah ke ruang utama ibadah dapat menampung total 70.000. Arsitektur dari masjid dipengaruhi oleh Masjid Badshahi, Masjid Wazir Khan dan Masjid Sheikh Zayed. biaya konstruksi lebih dari 4 miliar rupee (atau sekitar $39 juta).

2. Al-Masjid al-Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Al-Masjid al-Nabawi
Al-Masjid al-Nabawi

Masjid terbesar kedua yang ada di Arab Saudi dan di dunia adalah Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini juga memiliki sejarah yang penting bagi umat Islam. Pasalnya masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW ini merupakan masjid kedua yang dimiliki umat Islam setelah Masjidil Haram. Selain itu di dalam komplek masjid ini terdapat makam baginda Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi penutup akhir zaman. Setelah ekspansi pada masa pemerintahan al-Walid I, juga sekarang menggabungkan lokasi tempat peristirahatan terakhir dari Muhammad dan para pemimpin Muslim awal Abu Bakar dan Umar bin Khatab.

1. Masjid Al-Haram, Mekkah, Arab Saudi

Masjid Al-Haram
Masjid Al-Haram

Masjid terbesar dan terindah di dunia yang pertama adalah Masjid Al-Haram (Masjidil Haram) di Kota Mekkah, Arab Saudi. Mesjid Al-Haram memang merupakan masjid yang paling utama dan terbesar di dunia ini. Luas masjid ini sendiri tercatat mencapai 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar) yang meliputi ruang berdoa outdoor dan indoor. Dengan luas sebesar ini, maka masjid ini akan mampu menampung hingga empat juta jamaah selama musim haji, salah satu ibadah dari rukun Islam yang kelima.

Masjid yang terus diperluas areanya untuk bisa menampung jamaah haji lebih banyak ini memang sangat bersejarah. Pasalnya di dalam masjid ini ada Ka’bah yang merupakan arah kiblat sholat bagi seluruh umat muslim di dunia. Masjid ini menjadi tempat ibadah yang tidak pernah sepi selama 24 jam. Ini karena tempat ini selalu dipenuhi umat Islam yang melakukan ibadah didalamnya, baik itu shalat atau tawaf. Masjid ini juga punya keunikan jika dibandingkan dengan masjid-masjid lainnya yaitu tidak dipisahkannya antara jamaah pria dan wanita dalam beribadah di Al-Masjid Al-Haram ini.

Leave a Reply