3 Kontrak Sponsor Termahal Untuk Klub Sepakbola

Sponsorship sekarang ini telah menjadi bisnis tersendiri untuk beberapa perusahaan di dunia dalam memasarkan produk serta jasanya secara global. Perusahaan tersebut bisa memasangkan logo produknya pada Jersey Klub, papan iklan di pinggir lapangan, Jersey Klub untuk training. Inilah yang menyebabkan Sepak Bola menjadi semakin meriah dan mewah karena adanya sponsor tersebut.

Lalu, apa sajakah sponsor termahal untuk sebuah klub sepakbola? Berikut adalah 3 Kontrak Sponsor Termahal Untuk Klub Sepakbola yang Berita123 rangkum untuk Anda.

3. Bayern Munchen – Deutsche Telekom

Juara Bundesliga Jerman Bayern Munchen mempunyai pendukung terbesar di Jerman. Sehingga tidak sulit untuk menandatangani kontrak sponsor dengan perusahaan telekomunikasi lokal Deutsche Telekom yang bernilai $40 juta per tahun mulai musim 2009-2010. Perusahaan tersebut hingga kini memasang logo T – Mobile di kostum Die Roten.

2. FC Barcelona – Qatar Airways

Klub Sepak Bola Spanyol, Barcelona merupakan salah satu klub yang akhirnya terayu oleh mewahnya kontrak sponsor, padahal Klub ini dulu kontra dengan penempelan logo di Jersey Klub Sepak Bola. Qatar Airways lah yang bisa meluluhkan hati Klub Barcelona untuk bersedia menampilkan tulisan Qatar Airways pada Maret 2013. Qatar Airways rela mengeluarkan uang $45 juta per tahun untuk durasi kontrak selama lima tahun mulai musim 2013-2014.

1. Manchester United – GM Chevrolet

Klub Liga Premier Inggris, Manchester United menempati posisi teratas dalam hal sponsor utama untuk Jersey mereka. Mereka secara mengejutkan menandatangani kontrak besar pada Juli 2012 dengan perusahaan otomotif Amerika Serikat, General Motors Chevrolet, kontrak tersebut senilai $559 juta (Rp 5,4 triliun) untuk 7 tahun atau sekita $80 juta (Rp 777 miliar) per tahun. Ini menyebabkan logo Chevrolet tercetak di Jersey Manchester United musim 2014-2015 menggantikan AON yang sudah beberapa musim menghiasi Jersey Setan Merah.

Leave a Reply