3 Hewan Terbesar Yang Pernah Mendiami Bumi, Nomor 2 Masih Ada!

Hewan Terbesar

Tinggal di zaman seperti sekarang kita harus benar-benar bersyukur. Ya, selain lingkungannya manusiawi dan peradabannya sudah sedemikian maju, kita juga tidak harus berurusan dengan hewan-hewan raksasa. Bayangkan jika manusia yang sekarang lahir di zaman puluhan juta tahun lalu. Kita bakal jadi bulan-bulanan para hewan-hewan raksasa. Entah digigit nyamuk sebesar telapak tangan atau disengat kalajengking yang besarnya sama seperti anjing.

Sebenarnya jadi hal yang sangat disayangkan pula jika pada akhirnya hewan-hewan raksasa zaman purba ini punah. Jika tidak, mungkin khazanah ilmu pengetahuan kita tentang binatang pasti luar biasa kaya. Kembali ke zaman jutaan tahun lalu, memang benar jika dulunya Bumi ditempati monster-monster yang mengerikan. Tak hanya di darat saja, melainkan di perairan dan yang terbang di langit.

Nah, berdasarkan semua fosil yang berhasil ditemukan, kita bisa mengurutkan siapa-siapa hewan terbesar yang pernah hidup di Bumi. Berikut adalah 3 Hewan Terbesar Yang Pernah Mendiami Bumi.

3. Titanoboa

Titanoboa
Titanoboa

Tak perlu membayangkan ular besar zaman prasejarah, pasalnya di era saat ini saja sudah ada yang seperti itu. Yup, siapa lagi kalau bukan Anaconda. Ular ini bisa mencapai ukuran tubuh 6-8 meter dengan bobot hingga ratusan kilogram. Buaya terbesar pun tak akan berkutik dengan lilitannya. Nah, jika di zaman sekarang saja sudah sebesar itu, lalu bagaimana dengan ular zaman dulu?

Yup, Titanoboa jadi yang paling besar sepanjang sejarah dengan panjang tubuh mencapai 15 meter. Jika ukuran ini belum menakutimu, ular tersebut juga punya diameter tubuh kurang lebih satu meter. Besar dan panjang, ular ini bakal jadi teror terbesar umat manusia jika munculnya di era saat ini.

2. Blue Whale

Blue Whale
Blue Whale

Ketika mendengar kata mamalia, pikiran kita selalu mengarah ke hewan-hewan darat. Padahal mamalia juga ada yang berada di laut. Membicarakan mamalia terbesar, ternyata predikat tersebut dimiliki oleh makhluk laut yang masih ada hingga saat ini. Yup, Blue Whale alias paus biru.

Ikan ini jadi spesies lautan sekaligus mamalia terbesar dengan panjang tubuh hampir 30 meter. Jika dihitung berat tubuhnya, paus bisa mencatatkan bobot 180 ton! Uniknya lagi, paus biru yang kita temui hari ini bentuknya sama seperti 50 juta tahun lalu. Ini artinya selama itu hewan besar tersebut tidak mengalami perubahan fisik sama sekali.

1. Amphicoelias Fragillimus

Amphicoelias Fragillimus
Amphicoelias Fragillimus

Blue Whale sudah membuat kita geleng-geleng kepala lantaran besarnya yang tak masuk di akal itu. Namun siapa sangka jika masih ada satu hewan lagi yang lebih besar dari itu dan sekaligus menjadi yang paling besar sepanjang masa. Makhluk ini bernama Amphicoelias Fragillimus.

Hewan ini berkaki empat dengan bentuk tubuh buntal namun sangat besar. Namun yang jadi ciri khasnya adalah leher dan ekor yang panjang sekali. Kira-kira berapa panjang hewan ini? 58 meter! Berat badannya sendiri juga mencapai 122 ton. Jika dibandingkan manusia, maka kita hanyalah setengah dari panjang kaki sampai lututnya saja. Hewan besar ini bergerak dengan lambat dan pemakan tumbuh-tumbuhan.

Leave a Reply