3 Gereja Terbesar Sekaligus Termegah Yang Ada Di Dunia

Gereja adalah suatu perkumpulan atau lembaga dari penganut iman Kristiani yang muncul dalam Perjanjian Baru di Alkitab Kristen yang biasanya diterjemahkan sebagai Jamaah atau ummat. Istilah Gereja muncul dalam 2 ayat dari Injil Matius, 24 ayat dari Kisah Para Rasul, 58 ayat dari surat Rasul Paulus, 2 ayat dari Surat Kepada Orang Ibrani, 1 ayat dari surat Yakobus, 3 ayat dari surat Yohanes yang ketiga, dan 39 ayat dari Kitab Wahyu.

Kata Gereja berasal dari Bahasa Portugis yaitu igreja. yang berarti dipanggil keluar. Gereja terbentuk 50 hari setelah Kebangkitan Yesus Kristus pada hari raya Pentakosta yaitu ketika Roh Kudus yang dijanjikan Allah diberikan kepada semua yang percaya kepada Yesus Kristus.

Dan berikut adalah 3 Gereja Terbesar Sekaligus Termegah Yang Ada Di Dunia.

3. Cathedral of Seville, Spanyol

Cathedral of Seville, Spanyol
Cathedral of Seville, Spanyol

Katedral Saint Mary of the See atau yang lebih dikenal dengan Cathedral Seville adalah Katedral Katolik Roma Terbesar di Spanyol. Cathedral of Seville merupakan Gereja Gothic Terbesar Di Dunia dan Gereja Kristen Terbesar Ketiga Di Dunia. Gereja ini terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987.

Setelah selesai pada awal abad ke-16, Katedral Seville digantikan dengan Hagia Sophia sebagai Katedral Terbesar Di Dunia. Gereja ini juga merupakan tempat pemakaman Christopher Columbus.

2. Basilica of Our Lady of Aparecida, Brasil

Basilica of Our Lady of Aparecida, Brasil
Basilica of Our Lady of Aparecida, Brasil

Basilica of Our Lady of Aparecida adalah sebuah Basilika Katolik Roma yang terletak di Aparecida, Brasil. Gereja ini didedikasikan untuk Our Lady Apacerida sebagai pelindung utama negara Brasil. Gereja ini merupakan Gereja Terbesar Kedua Di Dunia setelah Basilika Santo Petrus di Vatikan.

Gereja bergaya kebangkitan romantik dan mengambil bentuk Salib Yunani dengan panjang tangan 188 meter dan lebar 183 meter. Dengan lebar kubah setinggi 70 meter serta menara setinggi 102 meter. Dengan luas 18.000 meter persegi, gereja ini dapat menampung 45.000 jamaah.

Sementara jika ada perayaan besar dengan luar ruangan gereja ini dapat menampung 70.000 jamaah. Gereja ini juga difasilitasi dengan tempat perbelanjaan, klinik medis, restoran dan 272.000 meter persegi yang bisa menampung 4.000 bus dan 6.000 mobil.

1. St. Peter’s Basilica, Vatikan

St. Peter's Basilica, Vatikan
St. Peter’s Basilica, Vatikan

Kepausan Basilika Santo Petrus di Vatikan merupakan Renainsance gereja Italia di Vatikan. Daerah Kepausan dalam kota Roma. Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia ini dirancang oleh Donato Bramante, Michelangelo, Carlo Madeno dan Gian Lorenzo Bernini. Santo Petrus adalah Gereja Paling Terkenal dari Arsitektur Renaessance.

Santo Petrus dianggap sebagai salah satu tempat suci Katolik paling suci dan sebagai yang terbesar dari semua gereja-gereja Kristen di dunia.

Tradisi Katolik mennyatakan bahwa Basilika adalah situs pemakaman Santo Petrus salah satu rasul Kristus yang juga sebagai Paus pertama. Konon makam Santo Petrus adalah berada langsung dibawah altar Basilika. Untuk ulasan ini, banyak Paus telah dikebumikan di St. Peter’s Basilica sejak masa Kristen awal. Gereja ini telah ada sejak Zaman Kaisar Romawi Konstantinus Agung. Pembangunan Basilika ini menggantikan Basilika Old Santo Petrus dari abad ke-4. Gereja ini dapat menampung 80.000 jamaah.

Leave a Reply