3 Formasi Sepakbola Terbaik Yang Paling Sering Digunakan

Dalam permainan sepak bola, formasi adalah salah satu unsur penting yang dapat menjadi penentu menang atau kalahnya suatu klub atau tim.

Karena akan sangat kurang kalau suatu tim memiliki para pemain yang handal, tapi salah memilih formasi, atau formasi tidak sesuai dengan kondisi yang ada.

Nah, agar bisa lebih memudahkan kamu dalam memilih formasi sepak bola terbaik di antara berbagai macam formasi sepak bola yang ada di dunia, mari simak pembahasan berikut ini

1. Formasi 4-4-2

Formasi 4-4-2 merupakan formasi yang klasik, selain biisa dibilang stabil formasi tersebut juga cenderung dinamis.

Adapun susunan formasi 4-4-2 terdapat dari 4 orang pemain bertahan (bek), 4 pemain tengah (gelandang), serta 2 orang pemain penyerang (striker).

Sehingga, bisa dikatakan formasi ini yang paling pas ketika digunakan untuk semua pola permainan pada sepak bola, baik saat penyerangan ataupun untuk bertahan.

Ini adalah formasi yang paling standar, karena dari formasi inilah akhirnya berkembang trik serta strategi dalam dunia persepakbolaan.

Dan harus diakui bahwa formasi ini tetap bertengger pada posisi 1 untuk formasi paling sering digunakan, karena masih menguasai dunia persepakbolaan dunia serta masih sangat sering digunakan hingga saat ini.

2. Formasi 3-5-2

Formasi 3-5-2 saat ini mungkin lebih akrab di daratan Italia. Berdasarkan yang ditulis oleh hollistonsoccer.org, formasi 3-5-2 diperkenalkan oleh Franz Beckenbauer yang berasal dari Jeman serta Carlos Billardo dari Argentina pada Piala Dunia 1986 yang berlangsung di Meksiko.

Ternyata, dengan dikenalkannya formasi ini kepada publik, beberapa hal untuk permainan sepak bola juga berubah. Dengan formasi ini, permainan sepak bola menjadi lebih menekankan pertarungan pada bagian tengah.

Revolusi pada pola pelatihan fisik serta fitness pun terjadi dengan menyusulnya kesuksesan formasi 3-5-2 ini dalam dua edisi piala dunia, yaitu Argentina pada Piala Dunia 1986, serta Jerman Barat pada Piala Dunia 1990.

Formasi sendiri terdiri dari 3 orang pemain bertahan atau bek, kemudian biasanya bek tengah bakal berperan menjadi seorang penyapu atau sweeper. Daniele De Rossi (pemain Italia), saat melawan Spanyol memainkan peran ini, yang pada sebelumnya memiliki peran sebagai gelandang bertahan saat di AS Roma.

3. Formasi 4-3-3

Formasi dari 4-3-3 ini terlihat identik dengan pola penyerangannya. Saat mendengar formasi ini, mungkin kita langsung teringat oleh Barcelona. Sudah sekitar satu dekade, dengan formasi ini Barcelona merupakan salah satu tim yang akhirnya disegani dalam dunia persepakbolaan.

Selain Barcelona, ada juga tim lainnya yang menyukai formasi ini. Contohnya saja Real Madrid, Chelsea, dan masih banyak lagi.

Formasi Ini bisa menjadi pilihan yang cukup baik untuk pelatih yang memiliki pemain yang kebanyakan merupakan pelari cepat (sprinter).

Leave a Reply