3 Film Hollywood Dengan Kerugian Terbesar, Ada Favoritmu?

Kalau soal biaya produksi, film Hollywood terkenal bombastis. Bahkan ongkos produksi di bawah Rp 1 triliun saja dianggap kecil. Wajar saja, karena film Hollywood kaya dengan set dan properti terbaik. Aktor dan aktrisnya pun memiliki bayaran mahal.

Namun ternyata tidak semua film yang dibuat dengan biaya mahal bisa laris manis di pasaran. Sejumlah film Hollywood pun mengalami kerugian karena nilai penjualan tiket yang berada di bawah ongkos produksinya.

Dan berikut ini adalah 3 Film Hollywood Dengan Kerugian Terbesar, Ada Favoritmu?

3. The Lone Ranger (2013)

The Lone Ranger
The Lone Ranger

Modal: Rp 4 triliun

Pendapatan: Rp 2,3 triliun

Rugi: Rp 1,7 triliun

Masih dari film produksi Disney, kali ini film The Lone Ranger yang dibintangi oleh Johny Depp dan Armie Hammer. Film yang disutradari oleh Gore Vebrinski ini tidak balik modal dan hanya mendapatkan pendapatan Rp 2,3 triliun dari ongkos produksi Rp 4 triliun. Walau tidak berjaya di Box Office, film ini masuk nominasi Academy Awards 2014 untuk kategori Best Make Up and Hairstyling dan Best Visual Effect.

2. John Carter (2012)

John Carter
John Carter

Modal: Rp 4 triliun

Pendapatan: Rp 2,3 triliun

Rugi: Rp 1,7 triliun

Satu lagi film dari Walt Disney, John Carter, tidak terlalu sukses di Box Office. Dengan modal yang fantastis mencapai Rp 4 triliun, film yang menceritakan kehidupan di Mars ini hanya mendapatkan keuntungan Rp 2,3 triliun. Film ini mendapatkan ulasan yang negatif dari para kritikus yang mengatakan cerita sulit dimengerti dengan durasi lama dan membosankan. Film ini dibintangi oleh Taylor Kitsch dan Lynn Collins yang sebelumnya bermain bersama dalam film X-Mens Origins (2009).

1. Mars Need Moms (2011)

Mars Need Moms
Mars Need Moms

Modal: Rp 2,2 triliun

Pendapatan: Rp 300 miliar

Rugi: Rp 1,9 triliun

Film animasi komputer hasil kerjasama dari Walt Disney dan ImageMovers Digital ini harus menelan pil pahit, total pendapatan film ini hanya Rp 300 miliar, sangat jauh dari anggaran yaitu Rp 2,2 triliun. Film ini menjadi Box Office terburuk yang berasal dari brand Disney. Film ini dibintangi oleh Dan Fogler pengisi suara Zeng bebek di Kung Fu Pandadan Joan Cusack pengisi suara Jessie di Toy Story.

Leave a Reply