3 Destinasi Wisata Wajib Kalau Kamu Mengunjungi Gresik

Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang terkenal sebagai salah satu kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Tapi, tahu gak sih kalau kawasan industri ini juga menyimpan permata wisata yang layak banget untuk kita datangi?

Gresik jauh dari citra kawasan industri yang hanya panas dan gersang. Sebaliknya, pesona pariwisata Gresik sama sekali tidak boleh diremehkan. Bahkan, sebagian di antaranya memiliki keunikan yang mungkin gak kamu temukan di tempat lain. Penasaran ‘kan sama tempat wisata yang dipunyai kabupaten ini? Yuk, ikut Hipwee muter-muter kota ini

Sendang Banyu Biru Lowayu

Desa Lowayu, kecamatan Dukun, Gresik, ternyata menyimpan potensi wisata yang unik dan bisa dibilang ajaib bernama Sendang Banyu Biru. Seperti namanya yang berarti kolam air biru, sendang ini memiliki air yang benar-benar biru. Padahal, perairan yang ada di sekitarnya gak ada yang sebiru ini, tuh.

Sampai sekarang memang belum ada penelitian ilmiah untuk mencari tahu sebab air sendang ini bisa berwarna biru. Aroma belerang terasa jelas bila kita mendekati sendang ini. Air sendang ini dipercaya warga bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Pantai Bawean, Gresik

 

Meski letaknya di tengah-tengah Laut Jawa, Pulau Bawean ini masih bagian dari Kabupaten Gresik. Pulau yang letaknya 80 mil atau 120 km dari Gresik ini ternyata menyimpan sejuta eksotisme pariwisata di dalamnya. Ada sejumlah pantai berpasir putih di sekeliling pulau, wisata pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, sampai Pulau Noko yang bisa kamu jelajahi dengan berjalan kaki saat laut surut.

Selain itu, ada rusa Bawean (Axis kuhli), spesies endemik yang dijadikan sebagai maskot bagi Kabupaten Gresik. Untuk menuju kemari, kamu bisa menumpang kapal cepat ekspres bahari milik swasta, atau kapal ASDP Gili Iyang. Datanglah ke pulau ini dan buktikan sendiri keelokannya.

Bukit Jamur

 

Bukit ini terdiri dari batu-batu yang menyerupai jamur. Bukit ini terletak di kecamatan Bungah. Berjarak sekitar 5-6 kilometer dari gunung kapur Sekapuk, Bukit Jamur ini juga adalah salah satu lokasi bekas galian yang kini nge-hits sebagai tempat wisata. Karena bagian bawahnya terkena erosi yang disebabkan oleh hujan dan angin, maka terbentuklah jamur-jamur raksasa seperti sekarang ini. Anda bisa berfoto-foto dengan pemandangan yang indah dan unik.

Leave a Reply