3 Bahan Makanan Termahal Di Asia Tenggara, Tertarik Membeli?

Bahan Makanan Termahal Di Asia Tenggara

Siapa sangka, kawasan Asia Tenggara ternyata merupakan daerah asal dari beberapa makanan termahal di dunia. Mungkin kamu mengira hanya kopi luwak yang dianggap sebagai makanan mahal dari Asia Tenggara, ternyata empat makanan lainnya di bawah ini juga sama-sama memiliki harga selangit.

Ada harga, ada rupa. Berikut adalah 3 Bahan Makanan Termahal Di Asia Tenggara, Tertarik Membeli?

3. Kopi Luwak – Indonesia

Kopi Luwak
Kopi Luwak

Ini nih salah satu varian kopi yang sangat melegenda di dunia. Kopi yang diambil dari kotoran luwakini disebut memiliki tingkat keasaman yang pas, sehingga mampu menonjolkan cita rasa dan aroma kopi yang lebih kuat. Kopi ini banyak dibudidayakan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan biasanya dijual dalam bentuk biji kopi utuh. Harga yang harus dibayar untuk membeli satu ons kopi luwak adalah sekitar Rp 5 juta.

2. Jamur Morel Kashmir – Myanmar

Jamur Morel Kashmir
Jamur Morel Kashmir

Jamur morel merupakan jamur yang biasa ditemukan di kawasan Asia Tengah. Namun, siapa sangka iklim kawasan utara Myanmar yang dingin – karena berbatasan langsung dengan jalur pegunungan Himalaya – juga menjadi tempat terbaik untuk tumbuhnya jamur ini. Bertekstur layaknya spons, jamur ini sama sekali tidak berbau, namun memiliki kualitas rasa yang sangat lezat ketika diolah. Harga jamur morel Kashmir di pasaran saat ini bisa mencapai Rp 8 juta per kilogramnya.

1. Sarang Burung Walet – Thailand

Sarang Burung Walet
Sarang Burung Walet

Sejatinya, sarang burung walet dapat dibudidayakan di beberapa kawasan lain di Asia Tenggara, namun hanya kawasan Chiangmai di utara Thailand-lah yang memiliki kualitas terbaik hingga saat ini. Sarang ini tercipta hampir seluruhnya dari air liur burung walet, dan disebut memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti kalsium, mineral, dan zat besi. Biasanya, bahan pangan dengan kisaran harga Rp 30 juta per kilogram itu disajikan sebagai penyedap sup di banyak restoran masakan China.

Leave a Reply