3 Alasan Kamu Harus Pilih Jurusanmu Sendiri Tanpa Ikutan Teman!

Sebelum milih Universitas, pastinya kamu sudah harus menentukan jurusan apa yang mau kamu masuki waktu kuliah nanti, kan? Nah, biasanya nih, kamu-kamu yang masih bingung mau masuk jurusan mana bakal bertanya kepada orang-orang di sekitar tentang jurusan apa yang menurut mereka paling OK.

Bahkan, ketika kamu tidak mendapat jawaban yang memuaskan, kamu justru mengikuti jurusan yang diambil teman. Ya, alasan satu-satunya cuma karena ada temannya aja nanti di kampus itu. Payah banget sih, kalo gitu. Seharusnya, kamu jangan sampai memilih jurusan yang dipilihkan oleh orang lain. Mau tahu kenapa alasannya?

1. Sebagai Bentuk Tanggung Jawab

Kamu mungkin tidak sadar, tapi bila kamu memilih jurusanmu sendiri, maka itu berarti kamu sudah semakin dewasa. Mengapa bisa begitu? Karena itulah hal yang kamu pilih sendiri, tentunya tanggung jawabnya pun harus kamu pikul sendiri. Misal, kamu sudah masuk ke jurusan Desain, tapi merasa bahwa jurusan tersebut tidak cocok buat kamu dan akhirnya memaksa orang tua agar keluar dari jurusan tersebut, itu nggak banget lho!

Kamu yang memilih jurusanmu sendiri berarti kamu harus bertanggung jawab menyelesaikan apa yang sudah kamu pilih, apalagi orang tua sudah bekerja keras untuk memasukkan kamu ke Universitas yang kamu mau dengan jurusan idamanmu. Hmm, jangan sampai ya kamu minta pindah jurusan hanya karena “Nggak cocok sama dosennya.” Kamu pastinya juga tidak mau terus-terusan dianggap anak yang belum mandiri kan?

2. Tidak Akan Membuatmu Menyesal

“Daripada menyesal, lakukanlah, selama hal tersebut kamu anggap benar!” rasanya kata-kata itu sering banget ya kamu dengar kalau kamu sedang bingung untuk melakukan sesuatu atau tidak.

Memilih jurusan sendiri itu sama dengan kamu melakakukan sesuatu yang kamu pilih sendiri lho! Kamu tidak akan menyesal nantinya karena kamu sudah melakukan apa yang kamu mau, daripada nanti di tengah-tengah kuliah jurusan lain kamu malah menyesal karena tidak pilih jurusan yang kamu mau, mendingan pilih jurusanmu sendiri saja!

3. Bakal Lebih Semangat Kuliah

Bagi kamu yang merasa kalau kuliah itu akan bikin capek melulu, kamu diwajibkan untuk pilih jurusan sendiri. Karena, kalau kamu memilih jurusanmu sendiri, kamu akan lebih semangat untuk menghadapi tugas-tugas dan permintaan dosen yang banyak banget saat kuliah nanti. Karena kamu memilih jurusanmu sendiri, kamu akan merasa lebih senang untuk mengerjakan apa yang diminta, meski capek, setidaknya kamu tidak menyesal telah memilih jurusan ini!

Leave a Reply