10 Tips Dasar Melatih Anjing Agar Menjadi Penurut

Melatih Anjing

Manusia mempunyai bermacam-macam karakter. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang mempunyai sifat yang sama persis. Demikian pula dengan anjing, setiap anjing mempunyai karakter dan psikologi yang berbeda.

Untuk melatih anjing kamu, inilah 10 tips-tips dasar yang dianjurkan oleh para pelatih anjing. Selamat mencoba!

1. Ambilah hati anjing kamu dan bangunlah relasi yang baik. Cobalah berusaha untuk berkomunikasi dengan mereka. Anjing berbicara dengan kita dengan melalui energi, bahasa tubuh, raut wajah, pergerakkan ekor dan kuping, postur tubuh dan suara. Saat kamu sudah menjalin hubungan yang baik dengan anjing kamu, maka kamu akan jauh lebih mudah untuk mengerti kebutuhan anjing kamu. Cobalah ajak “berbicara” anjing kamu.

2. Gunakan intonasi yang lembut dan lebih tinggi bila kamu senang akan apa yang anjing kamu lakukan, dan gunakan intonasi yang rendah bila kamu tidak senang dengan apa yang anjing kamu lakukan. Lakukan semua ini dengan tegas, baik isyarat tangan maupun perintah.

3. Lihat mood dan kondisi fisik anjing kamu sebelum kamu latih. Jangan memaksa anjing kamu untuk latihan jika Anjing kamu belum siap, apalagi sedang sakit. Jika dipaksakan, anjing kamu akan sering melakukan kesalahan, lalu kamu hukum, dan mental anjing kamu akan turun. Untuk membuat anjing kamu semangat lagi, membutuhkan waktu yang cukup lama.

Melatih Anjing
Melatih Anjing

4. Kenalilah anjing kamu baik-baik. Setiap anjing mempunyai kemampuan yang berbeda. Berikanlah latihan yang sudah dikuasainya baru latihan yang belum dikuasainya.

5. Latihlah anjing kamu secara konsisten. Jika kamu tidak suka akan apa yang dia lakukan, contohnya: naik ke atas kursi. Jangan biarkan anjing kamu sekalipun naik ke atas kursi. Jika sesekali boleh, sesekali tidak boleh, akan membuat anjing kamu bingung. Untuk anjing dapat mengerti apa yang kita mau harus “ya” atau “tidak”. Jangan kadang “ya”, kadang “tidak”.

6. Buatlah latihan yang menyenangkan. Ajaklah anjing kamu bermain sambil berlatih. Lakukan 10 menit latihan, lalu istirahat 1-2 menit.Lanjutkan lagi dengan latihan 10 menit berikutnya. Ulangi latihan-latihan yang sudah dikuasai pada awal latihan. Selingilah dengan permainan-permainan seperti lempar bola.

7. Janganlah main fisik. Dalam memberikan hukuman, janganlah memukul anjing kamu. Tapi lakukanlah “positive reinforcement”. Jika anjing kamu pintar berilah treat kesukaannya. Tapi jika anjing kamu tidak melakukan apa yang kamu mau, hukumlah dengan tidak memberikan treat tersebut. Bukan dengan pukulan. Hadiah bisa berupa: treat kesukaannya, pujian, dan elusan. Anjing sangat suka dengan perhatian, sehingga perhatian bisa menjadi hadiah bagi mereka.

8. Kesabaran kamu adalah kunci keberhasilan melatih anjing.

Melatih Anjing
Melatih Anjing

9. Ucapkan perintah sekali saja. Misalnya: Bianca, sit.Jangan: sit sit sit! Jika belum dilakukan, tunggulah 2-3 menit untuk mengulang perintahnya. Untuk awal, jangan berikan >2 perintah, seperti: Bianca, sit, shake hand, down. Anjing bisa menjadi bingung. Tapi tunggulah sampai anjing kamu lakukan perintah yang perintah yang pertama, baru berikan perintah selanjutnya.

10. Ada mitos bahwa muka anjing menyerupai muka pemiliknya.  Yang sebetulnya, anjing mempunyai perasaan yang kuat . Jika kamu bersikap tenang maka anjing kamu akan meniru sikap tenang kamu. Jika kamu sedang cemas, anjing kamu dapat merasakan kecemasan kamu.

Leave a Reply