10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru 2017

orang terkaya di indonesia

Orang-orang terkaya di Indonesia kebanyakan berasal dari kalangan para pengusaha. Walaupun sebagian dari mereka hanya meneruskan usaha warisan atau mengembangkan bisnis keluarga, namun ada juga sebagian dari mereka yang terlahir dari keluarga miskin dan merintis bisnisnya dari nol.

Berikut ini adalah 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2017 terbaru, beberapa nama mungkin sudah pernah anda dengar, tapi mungkin ada juga nama yang baru anda kenal sebagai konglomerat di Indonesia. Inilah urutan top 10 orang terkaya di Indonesia:

10. Peter Sondakh

Peter Sondakh berada diurutan 10 daftar orang terkaya di Indonesia. Ia melanjutkan bisnis ayahnya di bidang produksi minyak kelapa dan eksport kayu. Menurut Forbes tahun 2017, kekayaan Peter Sondakh mencapai sebesar USD 1,68 miliar (Rp 21 triliun lebih). Peter kehilangan ayahnnya ketika ia berusia 20 tahun. Di usia yang masih muda tersebut, ia mengambil alih semua bisnis ayahnya. Dua tahun kemudian Peter Sondakh mendirikan perusahaan baru yang diberi nama PT Rajawali Corporation, yaitu bisnis di bidang properti.

Melalui PT Rajawali Corporation tersebut Peter bekerjasama dengan beberapa pihak untuk mengembangkan Hyatt Hotel dan Novotel Sheraton, Peter Sondakh juga memiliki saham di perusahaan taksi Ekspres Transindo Utama.

9. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Diurutan 9 ada Eddy Kusnadi Sariaatmadja, dengan kekayaan sebesar USD 1,7 miliar (Rp 22 triliun lebih). Ia adalah pemilik PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek Group) dan juga pemilik stasiun televisi ternama di Indonesia SCTV, O Channel, dan Indosiar.

Ia awalnya memulai bisnis di bidang teknologi yaitu Emtek Group. Pada tahun 1978, Eddy Kusnadi Sariaatmadja menyelesaikan pendidikan dengan gelar sarjana di jurusan Civil Engineering, University of New South Wales. Tak lama kemudian ia mendirikan bisnis di bidang teknologi dengan membentuk perusahaan distributor komputer Compaq di Indonesia dengan bendera PT Elang Mahkota Teknologi, cikal bakal dari Emtek Group.

Eddy kemudian mendirikan PT Surya Citra Media Tbk dengan merk utama SCTV dan juga mengakuisisi Indosiar. Bisnisnya juga merambah ke bidang perkebunan, dengan nama PT London Sumatra Tbk yaitu perkebunan penghasil kelapa sawit, karet, kopi, kakao, dll.

8. Mochtar Riady

Mochtar Riady adalah pendiri sekaligus komisaris Lippo Group, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang developer real estate di Indonesia. Saat ini kekayaan Mochtar Riady diperkirakan mencapai USD 1,84 miliar (Rp 23 triliun lebih). Ayah dan ibunya adalah seorang perantau asal Fujian, dan memulai usaha jualan batik di Malang tahun 1918. Pada tahun 1955, Ia mendirikan Lippo Bank yang kemudian berganti nama menjadi CIMB Niaga.

7. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat atau biasa dikenal TP Rachmat adalah seorang pengusaha yang memimpin Group Astra, perusahaan yang didirikan oleh pamannya William Soeryadjaya. Kekayaan TP Rachmat saat ini diperkirakan mencapai USD 1,85 miliar (Rp 24 triliun lebih). Setelah lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB), TP Rachmat memulai karirnya sebagai tenaga sales Astra. Pada tahun 1972 ia dipercaya untuk mengelola United Tractors, anak perusahaan dari Astra yang bergerak di bidang alat berat. Pengalaman-pengalaman inilah yang menghantarkannya pada keberhasilan yaitu mendirikan perusahaan sendiri yang diberi nama Triputra Group.

6. Murdaya Widyawimarta Poo

Murdaya Widyawimarta Poo adalah orang terkaya nomor 6 di Indonesia tahun 2017. Murdaya diperkirakan memiliki kekayaan sebesar USD 2,1 miliar (Rp 27 triliun lebih). Dialah sosok di balik perusahaan kontraktor terkenal Central Cipta Murdaya Group. Ia juga memiliki bisnis di bidang kelistrikan yang dinaungi oleh perusahaan Kencana Sakti Indonesia. Selain berbisnis, Muraya Poo juga adalah seorang politikus yang bernaung di partai PDI-P, bahkan pernah menjadi anggota legislatif pada periode 2004 – 2009.

5. Dato Sri Tahir

Tahir adalah salah satu konglomerat terkenal di Indonesia. Saat ini ia berada diurutan 5 orang terkaya di Indonesia. Tahir adalah pendiri Mayapada Group, seorang investor, dan juga dikenal masyarakat sebagai seorang filantropis. Kekayaan Tahir diperkirakan mencapai USD 2,9 miliar (Rp 37 triliun lebih). Tahir mendirikan Mayapada Group pada tahun 1986. Beberapa bidang usaha yang dijalankannya adalah media cetak, TV berbayar, Perbankan, dan bisnis properti.

4. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung adalah pemilik sekaligus pemimpin CT Group. Kekayaan Chairul Tanjung diperkirakan mencapai USD 4,9 miliar (Rp 63 triliun lebih). Saat ini perusahaan CT Group membawahi beberapa anak perusahaan seperti Bank Mega, Trans Corp, dan CT Global Resources. Ia menyelesaikan pendidikan formal di UI, Fakultas Kedokteran Gigi. Di masa kuliahnya tersebut CT mulai belajar bisnis kecil-kecilan. Walaupun sibuk berbisnis, ia bisa mendapat penghargaan menjadi salah satu mahasiswa teladan tingkat nasional di tahun 1984-1985.

3. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia adalah seorang pengusaha sukses, pendiri dan sekaligus ketua dari Indorama Corporation, yaitu perusahaan di bidang Petrokimia dan Tekstil. Saat ini kekayaannya diperkirakan mencapai USD 5,3 miliar (Rp 68 triliun lebih). Sri Prakash Lohia lahir dan besar di India. Ia menetap dan menjadi warga negara Indonesia sejak tahun 1974, dan sejak itu serius menjalankan bisnisnya di Indonesia.

Saat ini Indorama Corporation menjadi salah satu perusahaan global yang memproduksi polietilena, polipropilena, serat poliester, filamen, benang pintal, kain, dan sarung tangan medis. Perusahaan ini juga menjadi produsen poliolefin terbesar kedua di Afrika dan terbesar di Afrika Barat. Produk-produknya dikirim ke lebih dari 90 negara di seluruh dunia.

2. Michael Bambang Hartono

Michael Hartono adalah orang terkaya kedua di Indonesia. Ia adalah salah satu pemilik perusahaan rokok nasional, Djarum. Saat ini, kekayaannya diperkirakan mencapai USD 10 miliar (Rp 131 triliun lebih). Michael Hartono dan saudaranya Robert Budi Hartono, mereka berdua mewarisi Djarum, bisnis ayahnya. Brand rokok Djarum sangat terkenal di Indonesia, bahkan sampai mancanegara. Saat ini, produk rokok Djarum telah mendominasi pasar rokok kretek di Amerika Serikat. Pencapaian Djarum tersebut telah melewati prestasi Gudang Garam dan Sampoerna.

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono adalah orang terkaya nomor 131 di dunia dan nomor 1 di Indonesia. Saat ini, kekayaannya diperkirakan mencapai USD 10,1 miliar (Rp 131 triliun lebih). Robert Hartono telah bertahan di daftar orang terkaya Indonesia selama bertahun-tahun. Kekayaannya berasal dari bisnis rokok, pemegang saham terbesar Bank BCA, dan beberapa bisnis/investasi lainnya. Robert bersama saudaranya Michael juga berinvestasi di bisnis keuangan dan perbankan, khususnya Bank BCA. Tak hanya itu, Robert dan Michael juga memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Barat, pemilik Grand Indonesia, dan perusahaan elektronik Polytron.

Robert Hartono juga merambah ke dunia digital dengan mendirikan perusahaan Ventures Global Digital Prima, ia mendirikan bisnis E-Commerce Blibli.com, dan mengakuisisi Kaskus (situs forum no. 1 di Indonesia).

Itulah tadi daftar sepuluh orang terkaya di Indonesia saat ini. Walaupun pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tergolong lambat, ternyata di negara kita terdapat banyak konglomerat yang memiliki kekayaan fantastik.

Leave a Reply