10 Negara Yang Memiliki Jaringan Internet Super Lemot

Jaringan Internet Super Lemot

Duh, Siapa yang sering pas download film tiba-tiba keputus di tengah jalan? Buffering parah saat Youtube-an? Atau pernah mikir dan merasa bahwa Internet di Indonesia itu super lambat bak keong? Eits, tunggu dulu! Bisa jadi tebakan kamu salah.

Di artikel ini akan membahas mengenai negara yang jaringan internet super lemot atau paling lambat di dunia berdasarkan data dari riset yang dilakukan Worldwide Broadband Speed League 2018. Riset ini dilakukan sejak Juni 2017 sampai dengan Mei 2018.

10 Negara Dengan Internet Paling Lambat di Dunia

Dari 200 negara yanbg dijadikan bahan riset, ternyata Indonesia menempati urutan ke 83. Kalah telak dari negara tetangga Malaysia yang menempati urutan ke 48 dan ‘dipecundangi’ Singapura yang menempati urutan pertama dengan rata-rata kecepatan internet 60,39 Mbps dibanding Indonesia yang hanya 5,17 Mbps. Jadi, siapa negara dengan internet terlemot di dunia? berikut ulasannya!

10.Republik Kongo

Negara yangt berada di bagian barat-tengah Afrika ini memang bukan terkenal sebagai negara maju dan terdepan mengenai teknologi. Negara bekas jajahan Perancis ini menempati urutan kesepuluh sebagai negara dengan internet paling lambat di dunia dengan rata-rata kecepatan download sebesar 0,85 Mbps atau 850 Kbps.

9.Burkina Faso

Burkina Faso adalah negara yang terletak di Afrika Barat yang terkurung daratan (landlocked) alias tidak memiliki perairan pantai sama sekali. Negara yang berbatasan langsung dengan Togo dan Ghana ini hanya memilki kecepatan internet sebesar 0,84 Mbps saja ketika digunakan untuk mengunduh. Dalam riset yang dilakukan, di negara ini membutuhkan waktu 13 jam lebih untuk download film HD.

8.Niger

Negara ini berbeda dengan Nigeria! Nigeria sendiri menduduki peringkat 152 dari 200 negara yang diriset. Sedangkan Niger berada pada urutan 193. Di negara ini kecepatan internet hanya 380 Kbps atau 0,83 Mbps saja. Butuh waktu 13 jam 43 menit untuk mendownload 1 film HD di negara ini.

7.Suriah

Di negara yang sedang banyak konflik ini, wajar jika rata-rata kecepatan internet di sini hanya sebesar 0,81 Mbps saja. Butuh waktu sekitar 14 jam untuk mengunduh satu film HD di negara ini. Semoga ke depannya fasilitas internet di negara ini membaik ya guys!

6.Mauritania

Nama resmi negara ini adalah Republik Islam Mauritania, sebuah negara di wilayah Maghreb di Afrika Utara Barat dan merupakan salah satu negara terbesar di benua Afrika. Sayangnya, walau negara ini termasuk negara dengan peradaban terkuno, kecepatan rata-rata download di negara ini hanya 0,70 Mbps atau setara dengan 700 Kbps saja.

5.Guinea

Ibu kota dari negara ini adalah Conakry yang juga merupakan pusat perdagangan, bisnis dan pemerintahan. Walau secara ekonomi Guinea boleh dibilang tidak terbelakang, dibutuhkan waktu hampir 17 jam 30 menit untuk download 1 film saja di negara ini. Hal ini sangat wajar karena rata-rata kecepatan internet di negara ini hanya 0,65 Mbps saja.

4.Somalia

Sebagai negara yang memang memiliki banyak konflik dan kasus kejahatan terutama ‘geng bajak laut’ atau perompak yang dengan tega menculik orang-orang tak bersalah, wajar jika kecepatan rata-rata internet di negara ini hanya 0,60 Mpbs atau 600 Kbps saja. Semoga semua konflik di negara ini selesai dan bisa membangun sistem internet yang lebih baik di negara ini.

3.Turkmenistan

Sebagai salah satu negara dengan cadangan gas alam terbesar di dunia, ternyata kecepatan internet di negara ini hanya berkisaran sekitar setengah Mbps, atau lebih tepatnya 560Kbps saja. Padahal negara ini potensial banget untuk memajukan infrastruktur internet negara mereka.

2.Timor Timur

Dengan kecepatan internet atau download yang hanya 0,49 Mbps atau 490 Kbps saja, negara yang dahulunya merupakan bagian dari Indonesia ini ternyata cukup memprihatinkan keadaan internetnya. Kita harus lebih bersyukur dan berusaha memajukan negara kita agar punya teknologi internet yang lebih maju ya guys!

1.Yaman

Menurut Wikipedia, Orang-orang keturunan Arab di Indonesia sebagian besarnya berasal dari negara ini lho guys!.Meskipun negara ini dilimpahi banyak minyak dan bukan tergolong negara miskin, ternyata negara ini menempati urutan buncit alias posisi ke-200 sebagai negara dengan internet terlemot di dunia! Rata-rata kecepatan download di negara ini hanya 0,31 Mbps, sehingga membutuhkan waktu hampir 37 jam hanya untuk sekali download film HD!

Leave a Reply