10 Meme Paling Viral Dan Laris Manis Di Tahun 2017

Meme (baca: “miim”) adalah konsep yang menyebar secara cepat melalui internet. Konsep ini bisa berupa gambar, video, atau sekedar teks yang unik, lucu dan mengundang perhatian banyak orang. Hal ini membuat meme menjadi salah satu budaya pop (pop-culture) yang paling dikenal di masa modern.

Di tahun 2017, ada cukup banyak meme baru yang menarik perhatian publik. Beberapa meme tersebut diambil dar serial TV, video YouTube atau vlog instagram beberapa orang terkenal. Ada juga meme yang muncul dari stiker Facebook dan cukup membuat kesal sebagian kalangan netizen. Apa saja? Yuk simak.

1. Salt Bae

Ketika celebrity chef asal Turki Nusret Gokce mengunggah videonya ke YouTube, dirinya sama sekali tidak menyangka akan menjadi seterkenal ini. Entah apa alasannya, tiba-tiba pose Nusret ketika menaburkan garam ke daging steak menjadi viral di dunia maya. Nusret pun akhirnya terkenal dengan nama Salt Bae dan menjadi salah satu meme paling heboh di tahun 2017.

2. BBC Dad Interview

Robert E. Kelly, seorang profesor ilmu politik dari Busan, sedang melakukan wawancara serius tentang situasi politik semenanjung Korea dengan BBC News. Di tengah-tengah wawancara live via Skype itu, tiba-tiba dua orang anak kecil merangsek masuk ke dalam ruangannya.

Kedua anak tersebut terlihat menari dengan riang sebelum seorang wanita menarik mereka keluar ruangan dengan wajah panik, meninggalkan Kelly yang masih berusaha jaim sambil meneruskan wawancaranya tersebut.

Tidak lama kemudian, kejadian unik ini pun langsung viral di seluruh dunia. Sebagian netizen merasa terhibur dengan aksi imut kedua anak Kelly tersebut, sementara sebagian lagi merasa kasihan dengan si istri Kelly yang terlihat begitu panik.

Ada juga yang berteori bahwa Kelly tidak mengenakan celana di wawancara tersebut, sehingga ia tidak berani berdiri dan membawa anaknya ke luar ruangan.

3. Expanding Brain

Expanding Brain merupakan meme yang beredar di awal tahun 2017. Meme ini terdiri dari perbandingan gambar otak manusia dengan beberapa aksi atau komentar konyol di sampingnya. Semakin konyol aksi tersebut, semakin besar dan canggih gambar otak di sampingnya.

Tidak diketahui siapa yang membuat meme ini pertama kali, namun dalam waktu singkat meme ini pun menjadi viral ke seluruh dunia.

4. Distracted Boyfriend

Distracted Boyfriend merupakan stok foto yang dibuat oleh fotografer Antonion Guillem dan diunggah ke databese iStock. Foto yang menunjukkan seorang laki-laki yang menggandeng pasangannya dan melirik ke perempuan lain ini berkembang menjadi meme yang viral di akhir Januari 2017.

Biasanya, para netizen mengedit wajah karakter di foto ini dengan berbagai hal dari segala macam topik.

5. Trump’s First Order

Presiden kontroversial Amerika Serikat, Donald Trump, menjadi sorotan banyak orang sejak terpilih di tahun 2016. Hampir semua gerak-gerik yang ia lakukan berakhir menjadi perbincangan netizen, termasuk saat ia menandatangani memorandum untuk meninggalkan perjanjian perdangan bebas Trans-Pacific Partnership pada tanggal 23 Januari 2017 yang lalu.

Setelah membubuhkan tanda tangan, sang presiden memamerkan memorandum tersebut kepada awak media di sekitarnya dengan raut muka yang unik.

Selang satu hari setelah kejadian tersebut, netizen pun beramai-ramai mengunggah foto dan video First Order yang telah diedit sedemikian rupa. Teks memorandum tersebut diubah menjadi berbagai hal lucu seperti tulisan “anime is now illegal”, gambar koleksi kartu Yu-Gi-Oh, atau berbagai gambar hasil karya anak-anak.

6. Man’s Not Hot

Mans Not Hot merupakan sebuah lagu yang dibawakan oleh Michael Dapaah, seorang komedian asal Inggris yang menggunakan persona bernama “Roadman Shaq”. Lagu ini pertama kali dibawakan di acara radio BBC 1Xtra “Fire in The Booth” session, yang kemudian diunggah ke YouTube.

Selang beberapa waktu, video ini pun menjadi viral di internet, khususnya untuk bagian “the thing goes skraaaa” yang terdengar lucu di telinga sebagian besar netizen.

Pada tanggal 25 Oktober 2017, Michael Dapaah mengunggah video klip resmi “Mans Not Hot” ke akun YouTube pribadinya. Video ini pun menjadi viral dalam waktu, khususnya karena lirik yang dibawakan terdengar sangat random.

Selain lirik “The thing goes skraa”, para netizen juga sering mengutip bagian lirik lain yang terdengar random, seperti “quick maths”, “just sauce”, dan lain-lain.

7. Mocking Spongebob

Pada bulan Mei 2017, dunia maya mulai dipenuhi oleh meme dengan gambar karakter Spongebob yang sedang menirukan pose ayam atau merpati. Meme bernama “Mocking Spongebob” ini biasanya diupload untuk meledek sebuah argumen. Argumen yang diledek biasanya ditulis ulang dengan tulisan kapital-non kapital yang seakan-akan mempertegas aksen meledek ketika dibaca.

Usut punya usut, ternyata meme ini berasal dari episode Spongebob Squarepants berjudul “Little Yellow Book” yang pertama kali disiarkan pada tanggal 25 November 2012.

Pada episode tersebut, Squidward membaca diari milik Spongebob dan menemukan fakta unik bahwa Spongebob akan menirukan ayam secara otomatis jika melihat kain bermotif kotak-kotak.

8. Roll Safe

Roll safe merupakan meme dengan gambar aktor Kayode Equmi sedang tersenyum dan menunjukan jari ke arah dahinya. Gambar ini diambil dari web series Hood Documentary pada tanggal 1 Juni 2016, di mana aktor tersebut memerankan karakter Reece Simpson. Meme ini kemudian menjadi viral di dunia maya pada bulan Januari 2017 dan terus menyebar hingga pertengahan tahun.

Meme Roll Safe biasanya digunakan untuk meledek kegagalan dalam berpikir kritis. Netizen memposting meme ini dengan caption ide-ide yang buruk yang terdengar brilian, seperti “kamu tidak bisa diputuskan pacar kalau kamu putusin dia duluan”, atau “kamu gak akan bangkrut kalau udah nggak punya uang dari awal.”

9. Trash Dove

Pada awal bulan Februari 2017, netizen dikejutkan dengan stiker Facebook bergambar burung merpati ungu yang memenuhi seluruh kolom komentar Facebook. Usut punya usut, ternyata stiker “headbanging pigeon” diciptakan oleh seniman asal Florida, Syd Weller, dan diunggah pada 31 Januari 2017.

Entah apa alasannya, tiba-tiba sticker berbentuk burung merpati berwarna ungu ini menjadi viral di Thailand dan langsung menyebar ke seluruh dunia. Meskipun sebagian besar orang menganggap hal tersebut lucu, beberapa pengelola fanpage mengaku kesal dengan aksi spamming ini.

10. Thai Political Crisis Breakup

Thai Political Crisis Breakup merupakan nama yang disematkan untuk 4 panel komik tentang seorang laki-laki yang memutuskan untuk tidak melakukan hubungan intim dengan seorang perempuan karena melihat sebuah gambar di lemari kamarnya.

Meme ini diambil dari webcomic mlik pengguna Facebook Cartoonfartcat yang menyinggung situasi krisis politik di Thailand. Di komik original ini, si karakter laki-laki pergi dari kamar si perempuan karena melihat foto Suthep Perdana Menteri Thailand Suthep Thaugsuban di lemarinya.

Komik ini pun menjadi viral di dunia maya pada awal bulan Desember 2017. Para netizen biasanya mengedit panel ketiga komik ini dengan berbagai hal yang lucu, seperti foto ketua Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat Ajit Pai, foto Donald Trump, dan lain-lain.

Leave a Reply