10 Makanan Manusia Ini Juga Aman Dikonsumsi Anjing

Anjing

Seringkali kita tak tega melihat anjing kesayangan memandang​ dengan penuh harap ke arah makanan yang sedang kita santap. ​Sebab, aroma makanan kita sering menggiurkan bagi anjing. ​​Tetapi, apakah semua​​ ​makanan yang kita santap aman dikonsumsi ​anjing?​

Ada beberapa makanan dan minuman yang berbahaya dikonsumsi anjing. Namun, makanan manusia yang bisa dikonsumsi anjing juga banyak. Bahkan, beberapa makanan bermanfaat bagi kesehatan​ anjing.​

1. Buah

Kebanyakan buah bisa dikonsumsi anjing, kecuali anggur, kismis, dan a​lpukat​. Apel dan pir yang tak dikupas kaya gizi dan bisa membantu membersihkan gigi anjing, namun pastikan kamu membuang inti dan bijinya karena bisa membahayakan si doggy.

Labu kuning yang kaya serat juga bisa membantu melancarkan pencernaan anjing. Buah lain yang bisa kamu berikan kepada hewan peliharaan kamu adalah pisang, blewah, semangka, stroberi, blueberry, dan jeruk. Pastikan bijinya sudah dibuang sebelum memberikannya ke si doggy.

2. Daging

Anjing mana yang tak tergoda jika ada daging? Daging sapi ataupun ayam boleh diberikan kepada anjing, asalkan dimasak sampai matang sepenuhnya. Giling atau potong daging kecil-kecil agar mudah dikunyah.

Kalau anjing menolak minum obat, sembunyikan pil di dalam daging sapi giling, daging ayam, atau sosis. Hindari potongan daging yang berlemak atau kulit ayam, dan pastikan tulangnya sudah dibuang. Jangan berikan daging yang sudah basi maupun berjamur.

3. Ikan

Ikan tak hanya disukai kucing. Ikan kaya asam lemak omega-3 seperti tuna dan salmon juga bisa menyehatkan sistem kekebalan tubuh anjing dan bermanfaat bagi kesehatan kulit dan bulunya. Berikan ia ikan matang, campurkan minyak ikan pada makanannya, atau berikan ia kulit ikan yang tak termakan.

4. Oatmeal

Oatmeal yang tinggi serat larut cocok dikonsumsi anjing tua yang bermasalah dengan pencernaan. Oatmeal juga bisa jadi alternatif biji-bijian untuk anjing yang alergi gandum. Namun pastikan kamu memberikan oatmeal yang sudah dimasak dan hambar, tanpa tambahan gula maupun perasa.

5. Pasta dan Nasi

Pasta terbuat dari tepung, air, dan terkadang telur. Semua bahan tersebut aman untuk anjing, namun pastikan pasta tersebut sudah dimasak dan tak ditambahi apa-apa. Sebab, saus pasta biasanya bersifat asam serta mengandung banyak gula dan garam, sehingga bisa membuat perut si doggy tak nyaman.

6. Roti

Roti boleh diberikan kepada anjing. Kesehatan pencernaannyapun terjaga jika yang kamu berikan adalah roti gandum utuh. Namun, jangan izinkan si doggy mencicipi adonan roti yang sedang kamu buat karena bisa menyebabkan masalah lambung serius.

7. Sayur

Sayuran bisa memberikan vitamin, serat, dan tekstur renyah yang disukai anjing. Parut atau potong-potong halus sayuran segar seperti wortel, mentimun, zucchini, selada, paprika, jagung pipil, dan seledri. Atau, kukus buncis, brokoli, asparagus, ubi, kentang, dan kembang kol. Buncis cocok untuk anjing yang cenderung mudah gemuk, sedangkan wortel baik untuk giginya.

8. Selai Kacang

Selai kacang boleh dikonsumsi anjing, namun sebaiknya pilih selai kacang alami tanpa tambahan gula, garam, atau pengawet. Selai kacang juga bisa jadi ‘tempat sembunyi’ pil agar hewan peliharaan kamu mau minum obat.

Meski tinggi protein dan lemak yang baik untuk jantung, selai kacang tetap tinggi kalori sehingga tak perlu memberikannya banyak-banyak kepada si doggy.

9. Telur

Telur bisa jadi sumber protein untuk hewan peliharaan. Di dalamnya terkandung riboflavin dan selenium yang mudah dicerna. Namun, pastikan kamu memasak telur tersebut sampai matang, sebab putih telur mentah bisa menyebabkan kekurangan biotin.

10. Yoghurt

Yoghurt bisa jadi sumber kalsium dan protein bagi si doggy. Pilihlah yoghurt yang mengandung bakteri aktif hidup untuk kesehatan pencernaannya dan tanpa gula maupun pemanis buatan. Frozen yogurt ​(froyo) ​juga bisa jadi camilan enak buat hewan peliharaan kamu.

Leave a Reply